oleh

Pertegas Status JAK, DPRD Sulut Minta Gubernur Percepat Proses Pemberhentian di Kemendagri

KOMENTAREN.NET- Ketua DPRD Sulut Fransiskus Andi Silangen kembali menyatakan dengan tegas bahwa status James Arthur Kojongian (JAK) telah diberhentikan sebagai Wakil Ketua DPRD Sulut.  

Hal ini ditegaskan Silangen saat memimpin rapat Paripurna, Selasa (18/05/2021) yang dihadiri langsung oleh Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven kandouw.

“DPRD tetap konsisten menjalankan putusan DPRD nomor 5 tahun 2021 tanggal 16 Februari tentang pemberhentian Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Utara. Dimana mekanisme pemberhentian oleh Badan Kehormatan karena terbukti melanggar sumpah dan janji sudah sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku,” tegas Silangen dalam rapat paripurna.

Bahkan Silangen menyatakan bahwa DPRD akan meminta bantuan Gubernur sebagai wakil pemerintah pusat untuk mengawal dan mempercepat proses pemberhentian JAK sebagai Wakil Ketua DPRD di Kemendagri.

“Demi menjaga kehormatan dan citra DPRD serta mengakomodir desakan aspirasi masyarakat agar konsisten pada putusan pemberhentian tersebut, dimintakan Gubernur Sulawesi Utara memfasilitasi dan mengawal percepatan pemberhentian saudara James Arthur Kojongian sebagai Wakil Ketua DPRD Sulut di Kemendagri,” tandasnya.

“Sambil menunggu peresmian pemberhentian dari Kemendagri, pimpinan DPRD menugaskan Sekretariat DPRD  menangguhkan pembayaran hak keuangan dan administrati serta fasilitas dan hak protokoler sebagai Wakil Ketua DPRD,”pungkas Silangen.(mon)