oleh

Persiapkan APBD 2022, Andrei Angouw Sebut “Money Follow The Program”

Manado, Komentaren.net – Kalangan SKPD di Lingkup Pemerintahan Kota Manado diharapkan segera mempersiapkan APBD-Perubahan 2021 dan APBD 2022. Wali Kota Manado Andrei Angouw pun menyebut istilah “Money Follow The Program”. Apa maksudnya?

 “Banyak hal yang harus kita segera lakukan. Banyak program-program yang harus dijalankan. Saya harap kita semua fokus pada program-program tersebut,” ungkap Angouw saat menyampaikan pesan dalam Ibadah Syukur di Gedung Serba Guna Pemkot Manado, Senin (24/05/2021).

Program itu, kata dia, akan dirancang lewat APBD-P 2021 dan APBD 2022. “Saya harap semua SKPD istilahnya meriam sudah mengarah pada program-program yang kita targetkan. Money follow the program. Mana torang pe target, itu artinya mulut meriam musti mengada ke situ, dan torang akan keroyok bersama,” katanya.

Untuk itu, terkait persiapan APBD ke depan, perlu dilakukan review APBD sekarang untuk persiapkan APBD-P,” katanya mengingatkan soal efisiensi agar bisa menjalankan program yang telah ditargetkan sesuai kebutuhan dan keadaan anggaran.

Yang pasti, kata dia, APBD harus disusun dengan perencanaan yang matang. “APBD 2022 harus dipikir dari sekarang. Karena begitu diketuk, tak bisa berubah. Itu nanti akan jadi panduan kita. Itulah harus kita pikirkan dari sekarang matang-matang. Jangan bikin asal-asal dan nanti mau rubah-rubah,” tukas mantan Ketua DPRD Sulut ini.

Dia juga menyentil kembali soal ego sektoral. “Seluruh jajaran fokus pada program-program dan jangan setiap skpd punya ego sendiri-sendiri. Jangan lari dari program-program yang saya dan Pak Richard sudah rancang. Jangan ada ego sektoral. Intinya adalah pelayanan ke masyarakat,” kata Wali Kota Manado pertama dari Konghucu ini.

Angouw mengingatkan bahwa kerja adalah bagian dari ibadah. “Saya ajak kita semua untuk kerja, karena kerja itu adalah ibadah. Kerja artinya kita melayani orang. Tugas kita melayani masyarakat. Apapun yang kita lakukan, ujung-ujungnya melayani masyarakat. Mohon diingat, kalau membuat orang lain susah, itu mengiurangi poin kita di mata Tuhan,” tukasnya. (rik/*)