oleh

Peringati Hari Kemerdekaan RI, Pemda Boltim Gelar Pawai Obor

KOMENTAREN.NET, Boltim – Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sehan Landjar SH diwakili oleh Wakil Bupati Drs Rusdi Gumalangit melepas peserta pawai taptu tingkat SD, SMP/MTS, pada jumat (17/08/2019) malam ini. Kegiatan yang bertempat di Lapangan Desa Togid tersebut, dihadiri Sekertaris Daerah, para Asisten, serta pimpinan perangkat daerah, para camat di lingkungan pemda Boltim.

Dalam sambutannya, Wabup mengatakan kegiatan ini hendaknya dimaknai secara positif sebagai upaya napak tilas perjuangan para pendahulu kita dalam meraih kemerdekaan. “Ini merupakan tradisi kegiatan nasional bernuansa patriorisme yang rutin kita laksanakan sehari sebelum hari kemerdekaan, yang bertujuan menyebarkan nilai-nilai kepahlawanan kepada masyarakat, serta melambangkan penghormatan kita kepada para pejuang yang telah bersusah payah meraih kemerdekaan,” ucap Wabup.

Wabup juga mengucapkan terima kasih kepada anak-anak peserta pawai taptu yang begitu antusias mengikuti kegiatan ini. “Pelaksanaan upacara taptu ini merupakan bagian tak terpisahkan dari peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia dalam upaya mengikat kembali perjuangan para pahlawan nasional dalam merebut kemerdekaan RI,” jelas Wabup.

Wabup juga menambahkan, kita wajib bersyukur karena saat ini perjuangan kita selaku generasi penerus bangsa, bukan lagi pada hal peperangan melawan penjajah yang harus dibayar dengan pertumpahan darah dan nyawa. “Tapi tugas kita saat ini adalah bagaimana mengisi kemerdekaan dan melanjutkan perjuangan para pejuang pedahulu kita, lewat hal-hal positif demi satu tujuan yakni indonesia maju dan sejahtera,” tambah Wabup, sebelum melepas pawai taptu obor. (Sdy)