oleh

Peringati Hari HKB 2021, Bupati ROR Tegaskan Soal Pentingnya Pencegahan dan Mitigasi

Minahasa, Komentaren.net – Peringati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB), satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah pesan Presiden Joko Widodo tentang upaya pencegahan dan Mitigasi terhadap bencana harus menjadi prioritas, demikian dikatakan Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring Msi, (ROR) saat memimpin apel peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana dan persiapan menyambut Hari raya idul Fitri, bertempat dihalaman Taman God Bless Tondano, Jumat (30/04/2021).

“ Oleh sebab itu, kembali saya tegaskan tentang pentingnya pencegahan dan mitigasi. Pencegahan dan mitigasi harus menjadi roh kesiapsiagaan bencana. Sebuah roh yang mengubah paradigma penanggulangan bencana dari responsif menjadi preventif,” kata Bupati ROR.

Diwilayah Kabupaten Minahasa, lanjut Bupati, sangat rawan terhadap bencana, seperti bencana hidrometeorologi, yang dampaknya dipicu oleh kondisi cuaca dan iklim. Antara lain badai siklon tropis, hujan lebat yang bisa mendatangkan banjir bandang, serta gelombang panas dan kekeringan yang bisa mengakibatkan kebakaran hutan dan lahan.

” Mencermati perkembangan cuaca melalui informasi BMKG adalah salah satu upaya kesiapsiagaan bencana,”ujar Bupati ROR.

Selain adanya bencana geologi, seperti misalnya erupsi gunung berapi, gempa bumi, gas beracun, dan lain sebagainya, terakhir bencana non alam seperti pandemi COVID-19 yang sedang melanda seluruh dunia, termasuk Indonesia.

“ Oleh sebab itu, upaya pencegahan, mitigasi, dan kesiapsiagaan harus terus-menerus dilakukan,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut Bupati mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh stakeholder atas kesungguhannya dalam mendukung kesiapsiagaan bencana dengan mengajak masyarakat meningkatkan kapasitas menghadapi bencana, apalagi terkait Covid 19.

“ Kita harus tetap waspada dan tetap mendengar himbauan pemerintah tentang protokol kesehatan dengan menerapkan 5 M yang selalu di sosialisasikan kemasyarakat demi memutuskan mata rantai covid 19,” pinta Bupati.

Dalam menyambut Idul Fitri, tambahnya, mari kita tetap menjaga hubungan yang baik dan tetap menjaga Keamanan bersama.

“ Melalui latihan evakuasi mandiri, diharapkan masyarakat semakin tangguh dalam menghadapi bencana. Lebih dari itu, di setiap hati kita sebagai warga negara kiranya memiliki kesadaran tentang pentingnya sadar bencana,” pungkasnya.

Sekedar untuk diketahui, Mitigasi adalah serangkaian upaya untuk mengurangi risiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana.

Turut Hadir : Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi, Ketua DPRD Kabupaten Minahasa Glady Kandouw SE, Dandim 1302 Minahasa Letkol Inf. H. A. Sinaga, SIP. Kapolres Minahasa AKBP Henzly Moningkey SIK, MSi. Ketua Pengadilan Negeri Tondano Nova Laura Sasube SH, MH. Kajari Minahasa Rahmat Budiman Taufani SH, Mkn. Sekretaris Daerah Kab.Minahasa Frits R. Muntu S.Sos, Assisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kab.Minahasa Dr. Denny Mangala MSi, FKUB Minahasa, Beserta Jajaran Pemkab Minahasa.(nes)