oleh

Pendidikan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Penting untuk Masyarakat

KOMENTAREN.NET, Bitung – Badan Pengasas Pemilu Kota Bitung melakukan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif bagi Media Massa Badan Pengawas Pemilihan Umum Kota Bitung di salah satu hotel di Kecamatan Maesa, Kamis (27/06).

Hal ini bertujuan sebagai pemantapan dalam menghadapi proses Pemilihan Calon Walikota pada tahun 2020 mendatang.

Kegiatan ini dihadiri Ketua Bawaslu Bitung Deiby Londok dan Divisi Humas dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kota Bitung, Sammy Rumamby mengatakan pendidikan sosialisasi terkait pengawasan Pemilu sangat penting untuk dilakukan baik itu masyarakat dan Pers. “Pengalaman memang dengan kita melibatkan Pers apalagi masyarakat tingkat kesadaran warga terhadap pengawasan Pemilu sangat bermanfaat,” tandasnya.

Apalagi saat ini kami menundang Pers yang memang peran Pers sangat berperan vital dalam mengsukseskan Pemilu.

Apalagi pada Pemilu serentak kemarin, kami banyak terbantu dengan rekan-rekan Pers atau media. Baik itu dalam memberikan informasi dugaan pelanggaran maupun sosialisasi,” tandas Sammy.

Koordinator Divisi Hukum dan Data dan Informasi Bawaslu Sulut, Supriyadi Pangelu mengatakan, peran Pers sangat vital dan membantu tugas-tugas pengawasan yang dilakukan Bawaslu dalam Pemilu. Sebab Pers kejadian yang belum terjadi mereka sudah mengetahuinya untuk itu Bawaslu harus dapat bekerjasama dengan Pers untuk bisa memberikan kekuatan baru dalam pemantapan pengawasan Pemilu.

Kedepan Bawaslu Bitung harus lebih meningkatkan kerjasama dengan Pers kalau perlu kegiatan seperti ini dilakukan di tempat yang lebih bagus lagi, “Ya kedepan kalau perlu dilakukan 2 atau tiga hari supaya bisa nginap agar lebih mantap kerjasamanya,” ujar mantan Pers Radio Sion Tomohon ini.(nan)