oleh

Pemprov Sulut Sosialisasi Penguatan Organisasi Keagamaan

KOMENTAREN.NET – Antisipasi terjadinya money politik atau politik uang pada pemilu serentak 2019 terus dikampanyekan pihak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Sangihe. Bahkan disaat mendekat hari H pemilu, Bawaslu juga mengingatkan kepada para caleg maupun wajib pilih untuk tidk terjebak dalam permainan money politik.

Ketua Bawaslu Sangihe, Junaedi Bawenti SH juga dengan tegas mengingatkan, money politik adalah kejahatan pemilu, sehingga baik caleg yang bertindak selaku pemberi uang maupun barang dan wajib pilih selaku pihak penerima sama-sama akan mendapat sanksi pidana.

”Itulah yang diharapkan dari masyarakat untuk dapat menggunakan hak suara dengan benar, karena jangan sekali-kali terlibat money politik sebab itu adalah kehatan pemilu, dan sanksi pidana siap dijatuhkan baik kepada caleg maupun penerima jika dilaporkan atau ditemukan terlibat politik uang,”tegas Bawenti dikonfirmasi di rung kerjanya, Senin (08/04) kemarin. Ia juga memastikan Bawaslu tidak akan mentolirir ketika ada temuan atau laporan kasus money politik, sebab komitmen untuk mengedepankan pelaksanaan pemilu yang bersih dari pelanggaran sudah ditanamkan disemua jenjang komisoner Bawaslu.

”Jadi jangan main-main dengan money politk, tidka ada kompromi bagi siapa saja yang terbukti melakukannya,”ujar Bawenti. Sementara itu tidak hanya terkonsentrasi pada penegakkan aturan dan perundang-undangan pemilu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Sangihe juga turut peduli pada angka partisipasi pemilih di pemilu serentak 2019. Karenanya Komisioner Bawaslu dua periode itu menghimbau wajib pilih di kawasan yang berbatasan dengan negara tetangga Philipina dapat menggunakan sebaik mungkin hak suara dengan datang melakukan pencoblosan dimasing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS).”Kami sangat berharap di Kabupaten Kepulauan Sangihe tidak ada yang golput dan dapat menggunakan hak suara sesuai dengan hati nurani demi mewujudkan pilihan serta pemimpin-pemimpin yang mampu membawa aspirasi masyarakat,”pungkas Bawenti.(ver)