oleh

Pemprov Sulut Bagikan 161.107 Paket Sembako, ODSK Turun Langsung

ASPEK ekonomi yang dirasakan warga Sulawesi Utara di tengah pandemi Corona, menjadi perhatian serius Pemprov Sulawesi Utara (Sulut) yang telah menyalurkan ratusan ribu paket sembako di 15 kabupaten/kota. Bahkan sampai data 25 Mei 2020, Dinas Sosial melaporkan paket sembako yang dibagikan lewat lembaga keagamaan itu telah mencapai 161.107 paket bahan pokok.  

Bantuan lewat keagamaan itu dilakukan dan dilanjutkan dengan pemberian bantuan door to door, dilakukan sesuai arahan Gubernur Olly Dondokambey agar proses penyalurannya lebih akurat dan efektif untuk mencegah kerumunan orang sebagaimana protokol physical distancing.

Tak tanggung-tanggung, Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw bersama Forkopimda, turut terlibat langsung turun tangan membagikan bantuan, bahkan menjangkau sampai di masyarakat kepulauan.   

Bantuan itu paketnya terdiri dari 5 kilogram beras, 10 bungkus mie instan, 1 liter minyak goreng, 3 kaleng ikan siap saji dan 5 buah masker. Paket didistribusikan setelah Pemprov merangkum surat permohonan dan lampiran data warga penerima bansos yang dikirim lembaga keagamaan ke Pemprov Sulut.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (ODSK) dalam berbagai kesempatan, terlihat membawa dan menyerahkan langsung paket tersebut ke tangan masyarakat. Seperti halnya di Kabupaten Minahasa Tenggara, Bolaang Mongondow Timur, Bolaang Mongondow Utara, Bolaang Mongondow Selatan, Minahasa Selatan dan Minahasa Utara. Termasuk warga di pulau-pulau.

Selain memberikan bantuan, edukasi selalu disampaikan Gubernur Olly, agar masyarakat mematuhi imbauan pemerintah untuk mencegah penyebaran pandemi Covid-19 di Sulut.“Kami datang ke sini bersama Forkopimda Provinsi Sulut. Rakyat lagi harus baku tau, baku dengar dengan pemerintah supaya dalam rangka pencegahan Covid-19 melebar ke mana-mana torang bisa atasi bersama-sama. Pemerintah memberikan bantuan didalam setiap kantong ada masker jadi semua keluarga dapat masker, agar supaya kalau mau bersosialisasi dengan lebih dari 5 sampai 10 orang harus tetap menggunakan masker,” kata Olly, di sela-sela penyerahan paket sembako di Pulau Mantehage Kabupaten Minahasa Utara, Jumat (22/05/2020) lalu.

Totalitas pemberian diri Gubernur Olly terlihat ketika dalam lima hari, gubernur telah membagikan 3.109 paket sembako bagi warga terdampak covid-19 di lima pulau yang ada di Manado dan Minahasa Utara.

Gubernur Olly juga terus mengingatkan, bahwa upaya pencegahan covid-19 harus dilakukan semua masyarakat karena obat dan vaksin corona belum dapat ditemukan hingga kini. “Jalan satu-satunya ini yang boleh torang lakukan, torang harus bersama sama lawan covid-19,” katanya seraya meminta warga rajin berolahraga agar tetap sehat dan terhindar dari serangan corona.

Gubernur juga mengingatkan, untuk melakukan kegiatan keagamaan dari rumah di tengah pandemi covid-19.

Berikut Paket Bahan Pokok yang Dibagikan

di 15 Kabupaten/Kota di Sulut sampai 25 Mei 2020:

Minut 28.601

Minahasa 12.955

Manado 49.214

Bitung 16.332

Bolsel 150

Tomohon 8.869

Mitra 1.922

Boltim 1.152

Bolmut 3.150

Minsel 11.244

Kotamobagu 9.751

Bolmong 6.367

Sangihe 3.223

Sitaro 4.133

Talaud 4.044

Total Paket: 161.107

Pada bagian lain, guna memastikan bahwa bantuan tepat sasaran, pendistribusian langsung dilakukan Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Sulut Drs Steven Kandouw.

Bersama jajaran Forkopimda, para top eksekutif ini mendatangi langsung masyarakat untuk menghindari berkumpulnya massa dalam rangka menerapkan physical distancing sesuai protokol Covid-19.

Pendistribusian bantuan yang dilakukan melalui pemimpin-pemimpin rumah ibadat, selanjutnya akan disalurkan secara door to door ke masyarakat setempat. Dikatakan Gubernur Olly, metode ini dilakukan untuk menghindari berkumpulnya massa.

Seperti yang dilakukan Selasa 26 Mei 2020, Gubernur Olly bersama Wagub Steven dan Forkopimda menyisir wilayah kepulauan di Minahasa Utara. Jumlah paket sembako yang dibagikan kepada warga kepulauan sebanyak 2.768 paket dengan perincian 745 paket dibagikan di Pulau Gangga, 745 paket di Pulau Talise, 353 paket di Pulau Kinabuhutan dan 925 paket di Pulau Bangka. (advertorial/satgas prov. sulut)