oleh

Pemkot Manado Lakukan Penyemprotan Eco Enzyme. Apa Manfaatnya untuk Lingkungan?

Manado, Komentaren.net – Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh tanggal 5 juni 2021, Pemerintah Kota Manado melakukan penyemprotan eco enzyme di sejumlah titik jalan di Kota Manado, termasuk di TPA Sumompo dan Sungai Mahawu, Sabtu (05/06). Hal ini dilakukan Pemkot Manado bersinergi dengan Balai Wilayah Sungai Sulawesi 1, Satuan Brimob Polda Sulut dan Komunitas Eco Enzyme.

Lalu apa manfaat eco enzyme bagi lingkungan hidup? Dilansir komentaren.net dari daya.id, sedikitnya ada tiga manfaat eco enzyme.

1. Digunakan Sebagai Cairan Pembersih

Eco enzyme bisa berfungsi sebagai cairan pembersih yang ampuh dalam membersihkan seluruh bagian rumah seperti baju, seluruh ruangan di rumah, dan bisa juga untuk mencuci sayur dan buah-buahan segar. Namun, perlu diingat untuk tidak menyimpan cairan eco lebih dari 7 hari setelah digunakan, karena akan menimbulkan bakteri.

2.Sebagai Pupuk Tanaman

Cairan eco juga bisa digunakan sebagai pupuk tanaman yang nantinya akan meningkatkan kualitas rasa dari buah/sayuran yang Anda tanam, membuat tanah dan tanaman menjadi subur, sampai menghilangkan hama pengganggu.

3.Melestarikan Lingkungan

Larutan pembersih serbaguna ini juga bisa melestarikan lingkungan. Jadi, setelah Anda membersihkan rumah, baju atau buah dan sayur dengan cairan eco maka Anda sudah berkontribusi dalam mengurangi jumlah sampah dan melestarikan lingkungan. Dengan lingkungan yang lestari dan bersih, maka kesehatan tentunya bisa lebih terjaga.

Dalam rangka acara hari Lingkungan Hidup sedunia  yang jatuh pada tanggal (5 juni 2021) maka Pemerintah Kota Manado bersama dengan Balai Wilayah Sungai Sulawesi 1, Satuan Brimob Polda Sulut, Komonitas Eco Enzyme, dan sekeloh kualah mengadakan penyemprotan udara Eco Enzyme dibeberapa titik jalan Kota Manado, TPA Sumompo, diikuti dengan Penuangan Eco Enzyme di sungai mahawu.

Eco enzyme sendiri adalah cairan yang diproduksi dari fermentasi sampah organik. Dari proses fermentasi ini, dihasilkan kandungan disinfektan karena adanya alkohol atau senyawa kimia asam.

Berikut cara sederhana membuat eco enzyme:

Siapkan wadah plastik bekas yang bisa ditutup rapat. Masukkan sisa kulit buah atau sisa sayur ke dalam wadah. Sisakan tempat untuk proses fermentasi. Aduk atau Jungkir balikkan botol atau wadah plastikmu sampai larutan air dan gula bercampur. Dalam 1 bulan pertama, gas akan dihasilkan dari proses fermentasi.

Sementara dalam penyemprotan eco enzyme oleh Pemkot Manado, turut hadir Ketua DPRD Kota Manado, Asisten 1 Pemkot Manado, Forkopimda, serta seluruh Kepala SKPD Pemkot Manado, termasuk para camat. (sbr/*)