oleh

Pemkab Sangihe Segera Gelar Roling Jabatan

KOMENTAREN.NET, Sangihe – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe dalam waktu dekat akan menggelar roling jabatan untuk pejabat eselon II,III dan IV. Hal ini dibenarkan Sekda Edwin Roring SE,ME dikonfirmasi wartawan, Rabu (19/06) kemarin.

Kepastian bakal dilaksanakanya roling juga telah diperkuat dengan telah dibentuknya panitia seleksi (Pansel) yang nantinya akan melakukan kajian terhadap rencana dan penempatan pejabat yang akan diroling. ”Kalau terkait rencana roling itu pasti akan dilakukan, apalagi saat ini pansel sudah terbentuk,” ungkapnya.

Roring juga memastikan mekanisme roling juga sudah tidak bermasalah dan telah memenuhi seluruh persyaratan, apalagi pemkab telah mengantongi rekomendasi dari Komisi Aparat Negeri Sipil (KASN). Disentil adanya roling memiliki keterkaitan dengan penegasan Bupati Jabes Gaghana SE,ME yang kerap menegaskan perlu adanya evaluasi terhadap kinerja pejabat tak ditepis Roring. Ia bahkan mengingatkan wacana roling jabatan tak hanya mencuat disaat pemkab akan melakukan penyegaran struktur organisasi, tapi sudah diwarning Bupati sejak dilakukan pelantikkan pejabat pada roling sebelumnya.

”Sudah pasti roling juga berkaitan dengan evaluasi kinerja pejabat disamping Pemkab Sangihe juga perlu melakukan penyegaran struktur organisasi dalam kesinambungan capaian program kerja pemerintah daerah,” kata Roring. Dijelaskan pula, untuk roling kali ini juga berkaitan dengan adanya beberapa jabatan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mengalami kekosongan setelah pejabat sebelumnya telah memasuki masa pensiun. Roling juga terkait dengan penyegaran jabatan-jabatan yang berada di Bagian-bagian Unit Kerja Sekretariat Daerah Kantor Bupati serta para Camat.

Roring berharap seluruh pejabat dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab seperti biasa, tidak perlu terpengaruh dengan kabar roling, sebab roling bertujuan untuk peningkatan kinerja dan pelayanan publik, apalagi mekanisme roling benar-benar dilakukan sesuai dengan mekanisme dan penilaian kinerja masing-masing pejabat. ”Pejabat dan ASN tak perlu khawatir dengan kabar roling, karena ini  bagian dari evaluasi kinerja dan untuk penyegaran organiasi demi peningkatan pelayanan capaian program pembangunan,” pungkas Roring.(ver)