oleh

Pemkab Minahasa Terima Mahasiswa KKN Unsrit, Mangala: Prioritaskan Kesehatan dan Lingkungan Hidup

KOMENTAREN.NET, Tondano – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah (Sekda) Minahasa, Dr Denny Mangala MSi menerima kunjungan 48 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) angkatan XVIII tahun 2018-2019 Universitas Sariputra Indonesia Tomohon (Unsrit) di Ruangan Sidang Kantor Bupati Minahasa, Kamis (20/06).

Bupati Minahasa Ir Royke Octavianus Roring MSi yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Dr Denny Mangala MSi menyampaikan permohonan maaf karena Bupati dan Wakil Bupati Minahasa maupun Sekda yang tidak dapat bertemu langsung dengan mahasiswa Unsrit.

“Kabupaten Minahasa sebagai gambaran untuk mahasiswa bahwa Minahasa adalah Kabupaten yang sudah sangat tua dan akan merayakan HUT ke 591,” tukasnya.

Menurutnya, Pemkab Minahasa sangat mensupport dari apa yang sdisampaikan pihak Unsrit, dimana mengutamakan kesehatan dan lingkungan hidup pada KKN kali ini.

“Program Pemkab Minahasa dalam rangka melindungi warga Minahasa seperti program di sektor kesehatan telah melakukan pembangunan dengan merenovasi sarana kesehatan dan diupayakan membangun RS baru untuk menjangkau masyarakat lainnya yang belum terlayani Jamkesda dan jamkesmas dari tiga ribuan sekian masyarakat Minahasa,” ungkapnya.

Menurutnya, tujuh desa di Eris, mahasiswa KKN harus bisa membantu masyarakat dalam rangka peningkatan kesejahteraan lewat edukasi bagi masyarakat. “Manusia jangan hanya pinta atau cerdas dalam segala bidang dan kaya pengetahuan, tapi kalau sakit-sakit menjadi tidak menyenangankan,” tukasnya.

Sementara itu,  Rektor Unsrit Tomohon Dr Joost Rumampuk SE menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemkab Minahasa yang boleh merespon kehadiran Mahasiswa KKN Unsrit di Kabupaten Minahasa yang akan ke tujuh Desa di Kecamatan Eris.

“Adapun tema induk KKN saat ini adalah Kesehatan dan Pelestarian Ekosistem Danau Tondano, dimana diharapkan mahasiswa dapat menjabarkan pendidikan mereka dengan pengalaman di tengah masyarakat,” ungkapnya.

“Mahasiswa perlu bersosialisasi dengan lingkungan dimana lingkugang berbicara lingkungan manusia dan lingkungan alam,” tambah Rektor. Adapun penerimaan mahasiswa KKN di Kabupaten Minahasa turut dihadiri Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup Feibie Karisoh SP MSi, Kabag Humas dan Protokol SetdaKab Minahasa Drs Moudy L Pangerapan MAP, Ketua Panitia KKN Mecky Pandelaki SPt MSi, Sekretaris Panitia KKN Norma Komalig SP MSi.(bil)