oleh

Pemilihan Direktur Polimdo Sepi Peminat, Petahana “Terkendala” Persyaratan Ambigu

KOMENTAREN.NET, Manado – Hingga hari ke 15, pendaftaran bakal calon Direktur Politekni Negeri Manado (Polimdo) periode 2020-2024 masih sepi peminat. Menurut Ketua Senat Polimdo Octavian Lintong, jika sampai batas akhir yang ditentukan belum ada yang mendaftar, maka akan dilaksanakan masa perpanjangan pendaftaran.

“Ada yang sudah mengambil formulir namun belum mengembalikan, dan itu dianggap belum mendaftar. Jadi sampai saat ini memang belum ada yang mendaftar dan melengkapi berkas,” tukas Lintong, Senin (10/01/2020).
Lintong juga mengajak seluruh pihak yang memenuhi syarat untuk mendaftar. Menurutnya, siapaun mempunyai hak yang sama untuk mendaftar.

Disinggung tentang Incumbent (Petahana), dirinya mengatakan bahwa pihaknya belum mengetahui apakah Direktur Polimdo Ever Slat akan mendaftar atau tidak. “Belum. Karena belum tahu apakah beliau memang mau mendaftar dan melengkapi berkas atau tidak. Jika memang beliau mendaftar dan melengkapi berkas, kemungkinan akan ada pemahaman berbeda apakah beliau memenuhi persyaratan atau tidak sebagai bakal calon. Dan saat itulah akan dikonsultasikan dengan Kemenristek/BRIN,” terangnya.

Menurutnya, kemungkinan besar konsultasi pada 29 Februari 2020.
“Satu hari setelah pendaftaran ditutup, atau satu hari sebelum pengumuman bakal calon,” katanya. Dirinya juga menjelaskan perihal boleh tidaknya incumbent mendaftar bakal calon Direktur Polimdo periode 2020-2024.

“Direktur masih boleh. Kalau dilihat lihat dari periode, beliau baru satu periode. Tapi ada persyaratan yang masih jadi ambigu, yaitu tentang usia bakal calon. Namun, jika merujuk pada Pasal 15, beliau masih memenuhi syarat, krn pada saat mengakhiri jabatan, belum sampai usia 65 tahun. Ini masih akan dikonsultasikan ke Kementerian,” jelasnya.(bil)

Adapun persyaratan calon Direktur Polimdo periode 2020-2024 menurut peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi RI Nomor 19 Tahun 2017 tentang pengangkatan dan pemberhentian Pemimpin Perguruan Tinggi Negeri seperti;

  1. Pegawai Negeri Sipil yang memiliki pengalaman jabatan sebagai dosen dengan jenjang  akademik paling rendah Lektor.
  2. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  3. Berusia paling tinggi 60 (enam puluh) tahun pada saat berakhirnya masa jabatan Direktur Politeknik Negeri Manado yang sedang menjabat.
  4. Memiliki pengalaman manajerial paling rendah sebagai ketua jurusan atau sebutan lain yang setara, atau ketua lembaga paling singkat 2 (dua) tahun di Perguruan Tinggi Negeri; atau paling rendah pejabat Eselon II A, di lingkungan instansi pemerintah.
  5. Bersedia dicalonkan menjadi Direktur Politeknik Negeri Manado.
  6. Sehat Jasmani dan Rohani.
  7. Bebas Narkotika, Prekurson, dan Zat Adiktif lainnya.
  8. Setiap unsur penilaian prestasi kerja pegawai paling rendah bernilai baik dalam 2 (dua) tahun terakhir.
  9. Tidak sedang menjalani tugas belajar lebih dari 6 (enam) bulan yang meninggalkan tugas tridharma perguruan tinggi.
  10. Tidak sedang menjalani hukuman disiplin tingkat sedang atau berat.
  11. Tidak pernah dipidana berdasarkan keputusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap.
  12. Berpendidikan paling rendah Magister (S2).
  13. Tidak pernah melakukan plagiat sebagaimana diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan dan
  14. Telah membuat dan menyerahkan laporan harta kekayaan pejabat negara ke Komisi Pemberantasan Korupsi. (krn)