oleh

Pemerintah Gencar Vaksinasi, Gubernur: Bulan Desember Bisa Rayakan Natal

KOMENTAREN.NET- Pemerintah Provinsi Sulut dan Pemerintah kabupaten/Kota terus gencar melaksanakan Vaksinasi kepada masyarakat.

Target pemerintah untuk 1,2 Juta penduduk di bulan Desember dimajukan ke Bulan Oktober 2021.

Gubernur Olly Dondokambey optimisi target tersebut bisa tercapai karena sebelumnya target vaksinisasi per hari 10 ribu orang, kini sudah menyentuh 19 ribu.

“Karena dua minggu terakhir kita gencar melakukan vaksin, jadi target sebelumnya hanya 10 ribu, kini sudah mencapai 19 ribu,” ucap Gubernur kepada wartawan saat jeda Rapat Kerja Daerah (Rakerda) DPD PDIP Sulut di hotel Luwansa, Manado, Senin (28/6/2021) siang.

“Ada instruksi khusus kepada seluruh kader PDIP untuk melaksanakan vaksin. Dan kebetulan, kader-kader kita kini menduduki jabatan, baik sebagai Kepala Daerah, maupun Wakil Kepala Daerah di hampir seluruh wilayah di Sulut. Ini memudahkan, dan kami optimis target Herd Immunity di Sulut akan dicapai,” sambung Gubernur.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menjabarkan herd immunity adalah kekebalan kelompok sebagai perlindungan tidak langsung dari penyakit menular yang terjadi ketika suatu populasi kebal baik melalui vaksinasi atau infeksi sebelumnya.

“Sebelumnya target kita pada Desember nanti. Tapi dengan gencarnya vaksinasi dilakukan, kita optimis Oktober nanti sudah Herd Immunity. Itu artinya, pada Desember nanti kita rayakan Natal karena sebagian besar kita sudah divaksin,” tandasnya.

Sementara, masalah ketersediaan vaksin, baik Sinovac maupun Aztraseneca Gubernur menjamin karena mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Pusat.

“Ketersediaan vaksin kita di-support dan dijamin Pemerintah Pusat,” pungkasnya.

Sebelumnya disela-sela Rakerda PDIP, Jubir Satgas Covid-19, dr Steven Dandel menyampaikan materi. Dirinya banyak mengulas soal vaksinasi yang saat ini digencarkan pemerintah kabupaten/Kota se-Sulut serta masalah varian baru Covid-19 yakni Varian Delta yang kabarnya sudah berada di Provinsi Gorontalo sehingga perlu kewaspadaan dan protokol kesehatan harus terus diperhatikan dan dilaksanakan secara ketat. Bahkan, Dandel mengulas varian Delta yang ditemukan di Australia sangat cepat penularannya.(mon)