oleh

Pelatihan Pembuatan Pajangan Artistik Berbahan Dasar Limbah Bagi Karang Taruna Desa Paslaten

DESA Paslaten sering menjadi persinggahan turis manca negara yang ingin berwisata ke pantai-pantai indah yang bertebaran di daerah Likupang seperti Casabaio Paradise, Pantai Pall, Pantai Pulisan, Kinaari, Pulau Lihaga, dll. Mereka singgah biasanya untuk mencari informasi atau juga membeli sesuatu seperti buah dan penganan. Situasi ini menjanjikan peluang bisnis bagi karang taruna yang anggotanya belum bekerja maupun yang putus sekolah sehingga memiliki banyak waktu luang untuk meningkatkan keterampilan dan mengasah jiwa  seni mereka dan menghasilkan keterampilan pajangan artistik dari bahan yang sudah tak terpakai lagi untuk dapat dijual sebagai souvenir bagi para turis lokal maupun mancanegara.

Tujuan kegiatan ini ialah meningkatkan keterampilan seni para pemuda/remaja yang menjadi anggota Karang taruna Desa Paslaten sehingga diharapkan pengetahuan yang diperoleh dapat meningkatkan kualitas sumber daya mereka demi kelangsungan hidup.

Karena kegiatan merupakan pelatihan, maka metode yang digunakan ialah metode pembimbingan sesuai kebutuhan, diskusi, tanya-jawab, simulasi, dan juga kerja kelompok. Kegiatan berjalan sesuai jadwal yang akan ditentukan sehingga tidak mengganggu kegiatan utama mereka. Di akhir masa pengabdian, akan dilaksanakan tes untuk mengetahui sejauh mana dampak kegiatan ini bagi mereka.

Hasil dari kegiatan ini ialah keterampilan yang dimiliki oleh anggota karang taruna dalam membuat pajangan yang bernilai artistik, ekonomis dan berwawasan lingkungan.

Setelah mengikuti program Pengabdian Pada Masyarakat “Pelatihan Pembuatan Pajangan Artistik Berbahan Dasar Limbah”, kemampuan memanfaatkan benda-benda yang merupakan limbah menjadi sesuatu yang berguna dan bernilai jual menjadi semakin meningkat. Hal ini dibuktikan dengan test kemampuan perkelompok di sesi akhir pelatihan. Banyak anggota karang taruna yang masih duduk di bangku sekolah menengah maupun yang putus sekolah merasa terbantu dengan kegiatan ini. Selain membantu program pemerintah mengurangi sampah dan melestarikan lingkungan, para anggota karang taruna juga mendapatkan ketrampilan dari kegiatan pelatihan ini. (Tim Pelaksana: Yollanda L.Lagarens, SS.,M.Hum, Deby Ch. Sendow, SS.,M.Pd)