oleh

PCR di Sulut Bakal Mampu Swab 2000 Sampel per Hari

GUBERNUR Sulut Olly Dondokambey dalam kunjungan kerjanya di Totabuan, Senin (20/07/2020), mengungkapkan bahwa laboratorium PCR di Sulut akan dioptimalkan agar tidak ada lagi pemeriksaan sampel swab yang tertunda hasilnya.

Dengan penambahan fasilitas PCR yang sedang diupayakan dalam waktu dekat ini, kemampuan swab untuk mendeteksi covid-19 di Sulut bakal mencapai dua ribu orang per hari.

“Lab PCR yang ada di Provinsi Sulut tinggal 2 minggu lagi, 1 hari so boleh 2 ribu orang. Kalau so 2 ribu so nda ada yang mo tatunda, kalo sekarang masih ada tatunda 10 hari , 11 hari. Makanya tiba-tiba jaga nae torang pe Covid-19, itu karena so lama punya karena tatunda di laboratorium. Bukan baru, ” kata Olly.

Dia menambahkan, sampai hari ini sampel yang diambil ada 2117 yang belum kaluar dari laboratorium. Makanya pemprov menyiapkan rumah singgah,” ujar Olly.

Untuk itu, Olly juga mengimbau Bupati Bolmong menyiapkan rumah singgah sebagai tempat isolasi. “Saya juga meminta kepada Ibu Bupati dan masyarakat menyiapkan rumah-rumah isolasi agar supaya pada saat kita lakukan tes massal, dan ada yang reaktif langsung masuk rumah singgah. Kontak Pemprov nanti dorang datang kamari,” tukas gubernur.

Bahkan Olly menambahkan, dalam waktu 2 minggu ke depan, akan ada mobil PCR di Sulut. “Mobil PCR bisa sampai 120 sampel didapat dalam waktu cuma 8 jam. Jadi kalau ada tes massal, trus banyak orang telepon Pemprov, kita datang. Karena itu tadi torang harus lawan ini Covid-19. Kalau torang nyanda lawan ini Covid-19 torang tidak bisa bergerak apapun, jadi Pemprov menyiapkan sarana prasarana untuk melawan Covid ini. Dan tentunya juga kami sangat bersyukur karena apa yang dilaksanakan oleh Ibu Bupati di Bolmong ini benar-benar sudah sesuai dengan protap yang ada sehingga Covid-19 di Bolmong ini tidak terjadi sama deng di daerah lain yang menanjak terus,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Olly mengajak seluruh masyarakat Bolmong bersama-sama membangun Sulut. “Jadi saya sangat mengharapkan kepada para tokoh-tokoh masyarakat yang ada di Bolmong, mari bersama-sama torang bangun Sulut dari bolmong. Ini selalu musti kita punya komitmen pemerintah dan masyarakat agar supaya harapan-harapan yang kita inginkan kedepan bisa berjalan dengan baik,” tutup Olly.

Sebagai informasi, dalam kunker di Bumi Totabuan, Pemprov Sulut menyalurkan 3.210 paket sembako Covid-19 di Kecamatan Kotamobagu Timur dan 2.631 paket di Kecamatan Lolak. Total hingga kini, Pemprov sudah membagikan 10.741 paket sembako di Kotamobagu dan 9.528 paket di Bolmong.

Selain sembako, Pemprov juga membagikan bantuan lainnya diantaranya Al-Quran, bibit sayuran, alat mesin pertanian, alat catering dan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

Adapun, rangkaian kegiatan tersebut turut dihadiri, jajaran Forkopimda, Sekdaprov Edwin Silangen, Kepala Bank Indonesia perwakilan Sulut Arbonas Hutabarat dan para pejabat di lingkup Pemprov Sulut. (hms/*)