oleh

Pasien RSUD MWM Berhamburan

KOMENTAREN.NET, AIRMADIDI – Gempa bermagnitudo 6,3 yang mengguncang Jailolo, Maluku Utara, Minggu (24/03) pukul 12:37:34 Wita terasa sampai kabupaten Minahasa Utara. Akibatnya pasien rawat inap di RSUD Maria Walanda Maramis (MWM) Airmadidi berhamburan keluar gedung.

Para pasien khawatir kekuatan gempa akan menyebabkan bangunan rumah sakit ambruk. Sehingga begitu gedung terasa bergoyang akibat gempa, mereka langsung lari menyelamatkan diri menuju lantai dasar maupun halaman rumah sakit. Bahkan seorang pasien dikabarkan sampai terlepas jarum infusnya karena lari keluar gedung.

Menurut Fransisca Salu, salah satu keluarga pasien yang berada di lantai II saat gempa terjadi, awalnya gedung terasa bergoyang ke kiri dan ke kanan lalu ke atas dan ke bawah. “Waktu gedung terasa goyang ke atas ke bawah, saya langsung gendong anak saya dari tempat tidur untuk menyelamatkan diri. Saya sudah tak pikir yang lain lagi. Pasien-pasien yang lain juga begitu. Malah ada yang jarum infus di tangan sampai terlepas,” ungkapnya kepada Komentaren.

Saat ditanya apakah saat itu ada perawat yang juga meminta mereka keluar dari gedung, warga Desa Matungkas Kecamatan Dimembe ini membenarkannya. “Memang ada beberapa perawat yang juga merasa takut sehingga mereka minta kami segera turun keluar dari gedung,” beber perempuan yang tengah menjaga putrinya yang dirawat.

Lanjutnya, para pasien menyelamatkan diri ke lantai dasar dan halaman rumah sakit di depan apotik. Namun sekitar 10-15 menit kemudian, mereka kembali ke kamar masing-masing setelah situasi dirasa aman. Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Minggu (24/03), menyebutkan gempa berkedalaman 10 km dan terjadi di 139 km barat laut Jailolo Maluku Utara terjadi pukul 11.37:34 WIB atau 12.37:34 Wita. Gempa terasa hingga ke beberapa wilayah dengan intensitas beragam. “Dirasakan (MMI) III Ternate, III Weda, III Jailolo, III-IV Manado, III-IV Tondano, III-IV Bitung, II-III Tahuna, II-III Siau, II-III Bolang,” tulis BMKG.(art)