oleh

Panelewen Tekankan Ini bagi 220 PPDS Gelombang 1


Komentaren.net-.Direktur Utama RSUP Kandou Manado Dr.dr. Jimmy Panelewen, Sp.B-KBD membuka kegiatan Workshop Vaksinator Covid-19 secara Online bagi 220 peserta Program Pendidikan Dokter Spesialis di RSUP Kandou Manado untuk gelombang pertama Sabtu, 20 Februari 2021.

Dirut Panelewen dalam sambutannya menyampaikan kepada PPDS bahwa basic penyuntikan pasti semua sudah mengusai dengan benar, tetapi ada beberapa hal yang sifatnya spesifik terhadap Covid-19, baik mengenai Vaksinnya atau juga Kejadian Ikutan Paska Imunisasi (KIPI) akan dibahas dalam workshop ini.

kegiatan workshop ini merupakan kegiatan Nasional dan diprakarsai oleh RSUP Kandou lewat virtual meeting. Oleh karena itu Dirut berharap kepada PPDS agar dapat mengikuti dan menyerap setiap materi yang disampaikan dalam kegiatan workshop hari ini.

Karena setelah mengikuti Workshop ini Peserta Program Dokter Spesialis (PPDS) lebih terlibat aktif sebagai Vaksinator dalam kegiatan penanganan Covid-19 sebagai Pandemi Global.

Dan nantinya para PPDS akan diterjunkan pada kegiatan-kegiatan yang sifatnya massal seperti yang ada di spot-spot atau di pos-pos seperti dirumah sakit Kandou, dan tentunya keikut sertaan dalam workshop ini akan diberikan Sertifikat dengan SKP IDI kepada semua peserta.

Pada kesempatan itu juga Dirut menyampaikan apresiasi kepada Direktorat SDM, Pendidikan dan Umum yang telah bertanggung jawab dalam pelaksanaan semua kegiatan Vaksinasi termasuk dalam pendidikan Vaksinator ini juga.

Sambil berharap bahwa dengan apa yang kita kerjakan ini, mempunyai tujuan yang sangat baik, dan kemudian tujuan ini bias kita manfaatkan secara benar dan maksimal.

“Saya yakin bahwa peran serta dari pada Vaksinator ini akan memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap kegiatan pemutusan rantai penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Kesempatan juga di sampaikan Direktur SDM, Pendidikan dan Umum Dr.dr. Ivonne Elisabeth Rotty, M.Kes mengatakan bahwa RSUP Kandou menunjang kegiatan Pemerintah dimana pelaksanaan workshop Vaksinator ini akan diberikan langsung oleh Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan.

“Namun untuk mengingat waktu maka dimintakan kepada semua rumah sakit untuk membuat workshop seperti ini. Kegiatan ini hanya dilaksanakan sehari saja karena para dokter PPDS hanya untuk mempertajam saja secara spesifik untuk yang Covid-19 ada sedikit perbedaan,” ujar dr Ivone.

Lanjut Dr. Ivonne mengatakan bahwa nantinya pada bulan Maret 2021 ini akan dilaksanakan perluasan untuk sasaran pemberian vaksin covid-19 tidak hanya untuk Tenaga Kesehatan atau SDM Kesehatan tetapi untuk masyarakat pelayanan publik atau masyarakat umum oleh karena tujuan dilakukan workshop ini agar penanganan dalam pemberian Vaksinasi Covid-19 semakin cepat karena semakin besar jumlah sasaran yang harus diberikan Vaksin.

Maka jumlah Vaksinator juga harus di perbanyak seperti Dokter dan Perawat yang tentunya telah memiliki STR dan keterlibatan para PPDS untuk menjadi Vaksinator ini, kementerian Kesehatan telah berkoordinasi dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) kemudian berkoordinasi dengan universitas Samratulangi khususnya Fakultas Kedokteran dan Kemudian Ke RSUP Kandou untuk memberikan izin ke peserta didik untuk menjadi Vaksinator.

“Diharapkan kepada 440 peserta didik yang akan dilatih menjadi Vaksinator dapat mengikuti dengan baik, karena akan diberikan sertifikat resmi sebagai Vaksinator dan tentunya akan diatur dengan baik tanpa menggangu proses pendidikan mereka,” pungkasnya.

Dalam kegiatan workshop ini hadir sebagai Narasumber para dokter yang sangat berkompeten diantaranya Dr.dr. Ivonne E. Rotty, M.Kes dengan Materi Kebijakan Vaksinasi Covid-19, dr. Agung Nugroho, Sp.PD-KPTI dengan Materi Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 kemudian dr. Antonius Wirawan, SP.PD dengan materi Surveilance KIPI dan Komunikasi Resiko dan dr. Eko Surachmanto, Sp.PD-KAI dengan mater Kemanan Vaksin dalam rangka Workshop Vaksinator Covid-19 di Indonesia.
(Stvn)