oleh

Panelewen Ikuti Talk Show BLU Expo 2021 Kemenkeu



Komentaren.net-.RSUP Kandou Mengikuti Talk Show BLU Expo 2021 yang di laksanakan oleh Kementrian Keuangan Republik Indonesia dengan Tema Smart BLU Rumah Sakit Veritikal,melalui Zoom Meeting, Kamis (18/11/2021).

Keynote Spiker Prof dr Abdul Kadir,Ph.D.Sp.THT-KL(K) MARS selaku
Direktur Jendral Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan menyampaikan, bahwa dengan pandemi ini telah merubah situasi menjadi keadaan yang tidak pernah kita duga, adanya fenomena baru pasca pandemi seperti melonjaknya jumlah pasien, terbatasnya jumlah tenaga kesehatan dibandingkan jumlah pasien dan terbatasnya ruang tempat tidur perawatan.

“Sangat mempengaruhi kualitas dan kuantitas pelayanan yg diberikan rumah sakit (RS) untuk melayani masyarakat,” katanya.

Menurut Kasir adanya perubahan trend Kebutuhan pelayanan kesehatan yang cepat menuntut RS selalu berevolusi diri agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat tanpa meninggalkan kualitas pelayanan,

“Dengan statusnya sebagai Badan Layanan Umum Rumah Sakit mempunyai fleksibilitas dalam menyusun strategi khusus dengan terobosan baru yang menunjang rumah sakit menjadi intitas yang tangkap akan perubahan trend kesehatan saat ini,” ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa Rs sebagai BLU diberikan kesempatan untuk dapat mengorganisir managemen pelayanan termasuk dengan upaya menyusun layanan layanan baru yang memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Saat ini rumah sakit BLU menuju transformasi menjadi smart Hospital
Rumah Sakit yang menggabungkan kemajuan teknologi untuk mengadaptasi kehidupan modern abad milenial. Beberapa inovasi digital pelayanan kesehatan yang di kembangkan anatara lain pendaftaran online, telemedicine ,rekam medik elektronik,sistem informasi rawat inap dan rujukan terintegrasi,” ujarnya.

Menurut dr Kadir inovasi tersebut dapat digunakan oleh rumah sakit maupun maayarakat dalam mengakses pelayanan kesehatan.

“Dirjen Pelayanan Kesehatan sebagi pengampuh Rumah Sakit di Lingkungan Kementerina kesehatan mendukung dan mendorong semua rumah sakit BLU untuk melakukan inovasi digital dan berkolaborasi dalam menerapkan pelayanan kesehatan jejaring,” katanya.

BLU expo 2021 ini, kata Kadir merupakan kesempatan yang baik untuk Rumah Sakit mempromosikan inovasi digital kepada masyarakat agar dapat memaksimalkan penggunaan dan fungsinya dalam mempermudah masyarakat.

Sementara Direktur Utama RSUP Kandou sebagai salah satu narasumber memaparkan sistim pengelolahan administrasi RSUP Kandou salah satunya Aplikasi Temandiri yang merupakan proyek perubahan dokter Ivonne Rotty sangat baik.

Menurutnya Aplikasi Temandiri ini sangat komprehensif yang di dalamnya mengolah manajemen data,evaluasi kinerja juga memenuhi aspek aspek kebutuhan SDM di RSUP Kandou.

Diketahui BLU Expo yang di gelar kementerian keuangan mengundang beberapa rumah sakit di indonesia,salah satunya RSUP Kandou yang statusnya sudah Balai Layanan Umum.
(*/stvn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *