oleh

Pandemi, Legislator Tertua di Sulut Ini Tetap Rajin Ngantor

Banwas

KOMENTAREN.NET – Kondisi pandemi Covid-19, tak menjadi penghalang Winsulangi Salindeho, legislator Sulut tertua ini untuk tetap masuk kantor memperjuangkan aspirasi masyarakat.

Di usia 75 tahun, Bu Winsu, begitu sapaan akrabnya –nampak rajin ke kantor DPRD Sulut untuk menghadiri rapat-rapa, baik komisi, rapat dengar pendapat dan menerima aspirasi warga.

Mantan Bupati Sangihe ini patut dijadikan contoh bagi legislator lainnya, terutama yang jauh lebih muda namun jarang ngantor.

Legislator senior lainnya yang rajin, di antaranya Victor Mailangkay, Berty Kapojos, Arthur Kotambunan dan Jhony Panambunan. Mereka tetap mengikuti berbagai agenda kegiatan di Kantor DPRD Sulut.

Bu’ Winsu saat diminta tanggapan mengatakan, disiplin sudah menjadi gaya hidupnya.

“Saya merasa kurang kalau ada undangan lalu tidak hadir secara fisik. Apalagi istri saya (Meiva Salindeho-Lintang), mantan pimpinan DPRD selalu mengingatkan saya untuk disiplin ke kantor. Terutama jika ada undangan rapat AKD, paripurna, hingga RDP dengan SKPD,” katanya.

“Memang warga lanjut usia katanya paling rentan terpapar virus ini. Tapi saya yakin dengan memberlakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, bisa terhindar dari virus ini. Misalnya ke kantor saya wajib pakai masker, faceshield, dan bawa hand sanitizer. Setwan juga sudah menyediakan fasilitas ini. Jadi sedikit mudah,” sambung politisi Partai Golkar ini.

Kemudian ketika di kantor, lanjutnya, harus jaga jarak dan rajin cuci tangan. “Kan mudah sebenarnya. Asal disiplin.
Jadi sebelum keluar rumah sudah sarapan dan minum vitamin,” tambah personel Komisi I itu.

Bu’ Winsu mengakui, kebijakan rapat virtual memang sangat baik di tengah pandemi. “Saya sering juga ikut virtual. Tapi memang banyak kurangnya. Kita tak bisa maksimal menyampaikan aspirasi atau kepentingan konstituen kita dibanding ketika kita hadir fisik. Jadi saya lebih memilih banyak hadir fisik dibanding virtual,” tandas Bu’ Winsu.

Menurutnya pandemi Covid-19 bukan halangan menjalankan tugas sebagai anggota DPRD. “Saya dipercaya duduk di DPRD oleh masyarakat Nusa Utara. Meski usia lanjut dan sedang hadapi pandemi, kita harus bekerja. Malu rasanya kalau tidak maksimal menjalankan tugas sebagai wakil rakyat dengan baik. Apalagi masyarakat makin susah karena pandemi Covid-19 ini,”pungkas Bu Winsu.(mon)