oleh

Olly: Semua (Penghuni) Rumah Singgah Langsung Swab

SEIRING beroperasinya laboratorium PCR ( Polymerase Chain Reaction) pertama di Sulut, langsung diberdayakan secara maksimal. Menurut Gubernur Sulut Olly Dondokambey, dengan kemampuan dalam sehari mampu memeriksa 92 sampel untuk mendiagnosis Covid-19, laboratorium PCR di BTKLPP Kelas I Manado tersebut akan segera melakukan tes swab terhadap seluruh penghuni yang sedang berada di rumah singgah di daerah ini.

“Laboratorium ini bisa beroperasi dalam satu hari memeriksa 92 orang. Jadi kita sudah ambil langkah-langkah, seluruh orang yang ada di rumah singgah tidak rapid test lagi, langsung swab agar supaya kita tahu dalam waktu satu hari mana yang positif dan mana yg negative, sehingga rumah singgah kita ini bisa dimanfaatkan lagi yang lain,” ungkap Gubernur Olly di sela-sela launching dapur lapangan TNI-Polri dan Pemprov Sulut Bersatu melawan Covid-19, di Ex Batalyon 712 Teling, Manado, Senin (04/05/2020).

Gubernur mengaku bersyukur dengan beroperasinya laboratorium PCR, sehingga untuk mendiagnosis Covid-19 lewat swab, tidak perlu lagi harus dikirim ke Jakarta atau Makassar yang memakan waktu. Dia juga mengharapkan, laboratorium PCR di RS Kandou akan segera beroperasi.  “Nah minggu depan mungkin laboratorium kedua juga sudah bisa beroperasi,” katanya. (vil/hms)