oleh

Olly Dilantik Ketua Mabida Kwarda Gerakan Pramuka Sulut

Komentaren.net-.Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dilantik sebagai Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Sulut Periode 2020-2025 oleh Sekretaris Jenderal Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Mayjen TNI (Purn) Bachtiar Utomo. Kegiatan yang dilanjutkan dengan Pelantikan Ketua dan Pengurus Kwarda Gerakan Pramuka Sulut ini diselenggarakan di Ruang Mapalus Kantor Gubernur, Selasa (8/6/2021).

“Tri Satya, demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Mengamalkan Pancasila, menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat serta menepati Dharma Pramuka,” ujar Sekjen Bachtiar Utomo yang diikuti oleh Ketua dan jajaran Mabida yang dilantik.

Janji Tri Satya merupakan komitmen dari para pengurus yang dilantik dalam menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab, kesungguhan dan dedikasi. Untuk itu, lewat pelantikan kepengurusan, Gerakan Pramuka di Sulut dapat menjalankan dan membina organisasi dan kegiatan kepramukaan di Bumi Nyiur Melambai dengan hati yang tulus dan ikhlas dalam mengantarkan masyarakat menyongsong masa depan yang lebih baik.

Usai pelantikan Mabida, acara dilanjutkan dengan Pelantikan Pengurus Kwarda Gerakan Pramuka Sulut oleh Olly Dondokambey, yang dalam sapaan Kepramukaan disebut Kakak Olly.

Ia kemudian mengucapkan janji Tri Satya, yang diikuti oleh Vanda Sarundajang yang dilantik sebagai Ketua bersama para pengurus lainnya.

Dalam sambutannya, Olly mengungkapkan bahwa Pramuka memiliki peran besar bagi daerah, khususnya yang berkaitan dengan pembentukan generasi muda terlebih dalam kecakapan hidup untuk menghadapi tantangan global serta perkembangan zaman.

Olly mengharapkan agar para pengurus memiliki semangat gotong-royong dan bahu membahu dalam menjalankan organisasi, terlebih di tengah tantangan dalam menghadapi pandemi Covid-19.
Selain itu, mengutip pernyataan Bung Karno, Olly mengajak para pengurus Pramuka untuk mengembangkan serta memajukan Gerakan Pramuka.

“Berusahalah sehebat-sehebatnya untuk mengembangkan dan meluaskan gerakan kita. Sampai pada suatu ketika setiap anak dan pemuda serta pemudi kita, baik mahasiswa yang ada di kota maupun yang menggembala kerbau di desa dengan rasa bangga dan hormat dapat menyatakan Aku Pramuka Indonesia,” kutip Olly.

“Pengurus Mabida dan Kwarda Gerakan Pramuka, diharapkan akan membawa perubahan dalam mencapai pembangunan kepribadian bangsa. Untuk itu, mari kita sama-sama mengembangkan potensi diri guna mencapai akhlak mulia sebagai garansi pembangunan daerah ke depan,” tandasnya.

Sementara itu, Bachtiar Utomo dalam kesempatannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Olly Dondokambey atas kesediaannya dalam memimpin Mabida. Ia kemudian mengungkapkan harapannya terkait Gerakan Pramuka kedepan, terlebih dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Terima kasih Saya ucapkan kepada Kakak Olly yang berkenan mengikuti pelantikan. Saya juga memberikan ucapan selamat kepada Kakak Vanda yang dilantik sebagai Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Sulut. Lewat pelantikan ini Saya berharap agar masa depan gerakan Pramuka di Sulut dapat semakin maju,” tutur Bachtiar.

“Pandemi (Covid-19) ini menyebabkan berbagai kesulitan terutama di bidang kesehatan, ekonomi dan pendidikan.
Berbagai kegiatan harus tertunda, termasuk kegiatan pendidikan yang terpaksa dilaksanakan di rumah. Namun sebagai Pramuka yang mementingkan pendidikan karakter, kita tetap harus semangat dan berpikir positif dalam mengemban berbagai kegiatan kepramukaan guna bakti kepada masyarakat,” jelasnya.

Terakhir, kepada Mabida dan Kwarda Gerakan Pramuka Sulut, Bachtiar Utomo berpesan agar dalam mengembangkan gerakan Pramuka, para pengurus dapat lebih mengedepankan disiplin nasional, serta peduli dan berempati kepada masyarakat yang membutuhkan pertolongan.

Adapun Susunan Mabida Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sulawesi Utara Periode 2020-2025 adalah sebagai berikut:
Ketua : Gubernur Sulut
Wakil Ketua : Wakil Gubernur Sulut, Pangdam XIII/Merdeka, Kapolda Sulut, Kajati Sulut, Ketua Pengadilan Tinggi, Danlantamal, Danlanud Sam Ratulangi dan Ketua TP-PKK Sulut
Sekretaris : Sekdaprov Sulut
Wakil Sekretaris : Sekretaris TP-PKK Sulut
Anggota : Rektor Universitas Sam Ratulangi.

Sementara itu, Pengurus Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sulawesi Utara Periode 2020-2025 yaitu :
Ketua : Vanda Sarundajang
Wakil Ketua : A. Gemmy Kawatu, Jeffry Mambo, Adolf Rompas, A. Rumayar, Rio Dondokambey, Moris Berhandus, Welti Kumalu, Ivan Sarundajang, Daniel Pontonuwu, Asripan Nani, Femmy Suluh
Sekretaris : AKBP (Purn) Eliasa
Wakil Sekretaris : Clay Dondokambey, Tori Kojongian
Bendahara : Joune Ganda
Wakil Bendahara : Erlando Silangen.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Ketua DPRD Sulut, Anggota Forkopimda Sulut, serta para Pejabat Tinggi Pratama di lingkup Pemprov. Sulut.
(*/stvn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *