oleh

ODSK Perintahkan Dinkes Jemput Penderita Kanker Akut Ini

KOMITMEN Top Eksekutif Sulawesi Utara, Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw (ODSK) untuk selalu berada bersama masyarakat Bumi Nyiur Melambai, diwujudkan lewat uluran tangan membantu Windy Kairupan (39), penderita kanker akut yang tidak memiliki biaya untuk berobat.  

Mendengar pergumulan warga Kelurahan Manembo-nembo Kota Bitung yang berdomisili di Desa Dimembe, Kabupaten Minahsa Utara (Minut) itu, Pemprov di bawah kepemimpinan Gubernur Olly dan Wagub Kandouwm langsung memerintahkan agar menjemput Windy untuk dibantu.  

Gerak cepat dilakukan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulut dr Debby Kalalo yang langsung memerintahkan tim menjemput Windy di rumahnya. “Setelah kami cek di lapangan, yang bersangkutan benar menderita kanker payudara dan tidak memilki biaya untuk berobat,” ungkap Kalalo.

Pengurusan admistratif terkait BPJS Kesehatan pun langsung diupayakan dan Windy langsung diambil tindakan medis secepatnya. “Saat ini warga yang bersangkutan sebagai tindakan awal diperiksakan dan dirawat di RS Walanda Maramis Minut. Dalam beberapa hari ke depan akan dirujuk ke RSUP Kandou Manado untuk tindakanlanjut,” terang Kalalo.

Dia menyayangkan dinas kesehatan setempat dimana pasien berdomisili, yang tidak peka melihat kesulitan yang dihadapi ibu rumah tangga tersebut. Terutama dalam hal pelayanan kesehatan.

Kepala Biro Umum Setda Pemprov Sulut Clay Dondokambey ketika dikonfirmasi, mengatakan tindakan dan gerak cepat pemerintahan ODSK melalui Dinas Kesehatan Provinsi Sulut dalam kasus seperti yang dialami Windy, sudah sering sering dan banyak dilakukan yang diperintah langsung Gubernur dan Wakil Gubernur, terutama warga yang tak mampu. Clay juga memberi apresiasi Dinas Kesehatan yang sangat responsif.

“Saya mengapresiasi tindakan dan gerak cepat Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulut yang langsung membantu persoalan pelik yang dihadapi oleh warga Kota Bitung yang berdomisili di Minut, tanpa melihat agama dan status sosial warga yang bersangkutan,” aku Clay. (sbr/vil)