oleh

Musim Kemarau Panjang, BPBD Boltim Imbau Warga Terus Waspada

KOMENTAREN.NET, Boltim – Masyarakat Kabupaten Boltim diminta agar selalu waspada dan tidak sembarangan membuang puntung rokok, terlebih khusus di area perkebunan. Mengingat kemarau panjang yang saat ini melanda, pemicu terjadinya kebakaran sangat rentan. Imbau ini datang dari Pemerintah Daerah melalui Badan Penanggulangan Bencana Alam Daerah (BPBD) Boltim.

Hal ini dikatakan Kabid Pencegahan Kesiapsiagaan BPBD Boltim Yanto Modeong, lewat press release BPBD Boltim. “Kami imbau untuk tidak membuang puntung rokok di area perkebunan atau di pinggiran jalan, demi menghindari pemicu terjadinya kebakaran,” ucap Yanto.

Selain itu, dirinya pun menghimbau warga untuk mengurangi aktifitas pembakaran lahan dan hutan, serta rumput kering terutama yang berdekatan atau berada di wilayah pemukiman warga, “Hal ini harus dihindari agar bisa mencegah ataupun meminimalisir terjadinya kebakaran lahan hutan, perkebunan bahkan bisa menjalar hingga ke pemukiman warga,” tambahnya.

Yanto juga berharap adanya koordinasi instansi lintas sektoral, terutama pihak kecamatan agar dapat bekerja sama menginformasikan hal ini kepada perangkat desa di wilayah kecamatan masing-masing. “Kami berharap pemerintah kecamatan bisa meneruskan informasi ini ke perangkat desa agar imbauan ini bisa sampai ke masyarakat, demi menjaga daerah kita agar terhindar dari bencana khususnya kebakaran terutama pada musim kemarau saat ini,” tuturnya. (Sdy)