oleh

MPR-RI Minta Penempatan SDM Direksi Garuda Harus Berkompeten dan Tidak Politis

Ketua Harian Sekarga Tomy Tampatty bersama Jajaran Pengurus menyerahkan Proposal Penyelamatan Flag Carrier Garuda Indonesia kepada Menteri BUMN Erick Thohir yang didampingi oleh Anggota Komisi VI DPR-RI Andre Rosiade di Gedung Nusantara I DPR-RI (foto/ist)

Komentaren.net-.Serikat Karyawan Garuda Indonesia (Sekarga) mendukung pernyataan Ketua Komisi VI DPR-RI Faisol Riza yang disampaikan dalam kanal Youtube Beritabaruco Faisol Riza Bercerita 73 – Menyelamatkan Nasib Garuda Indonesia,

Dimana pada acara tersebut Ketua Komisi VI DPR-RI mengatakan bahwa sebenarnya pemerintah sangat bisa membantu Penyelamatan Garuda Indonesia dari ancaman kepailitan.

Namun pemerintah ragu, dan keraguan pemerintah tersebut bukan tanpa sebab karena pemerintah melihat tidak adanya skema yang jelas dari manajemen termasukrencana bisnis kedepan sehingga pemerintah ragu untuk membantu Garuda Indonesia.
 
Bahwa selain Ketua Komisi VI DPR RI yang menyoroti kinerja Direksi Garuda, Wakil Ketua MPR-RI bapak Syarief Hasan juga menyoroti kinerja Garuda Indonesia dan beliau meminta agar pemerintah harus mampu bersikap profesional dengan menempatkan SDM yang berkompeten di berbagai BUMN, seperti Garuda Indonesia.

“Hal ini berjauhan agar BUMN dapat terus tumbuh dan tidak terkontaminasi dengan hal-hal yang berbau politik,” ujar Ketua Sekarga Tomy Tampatty, Senin (22/11/2021).
 
Menurutnya, sebelum adanya sorotan dari Pimpinan Lembaga Tinggi Negara, di internal Garuda Indonesia sudah ada kritik dari salah satu Dewan Komisaris pada tanggal 2 Juni 2021.

Dimana, isinya menyoroti kinerja direksi yang tidak melakukan beberapa poin penting diantaranya, tidak adanya penghematan biaya operasional, tidak adanya informasi mengenai cara dan narasi negosiasi dengan Lessor, tidak adanya evaluasi penerbangan route yang merugi.

“Selain itu, cash flow manajemen yang tidak dapat dimengerti,” jelasnya.
 
“Bahwa kami di internal Garuda Indonesia juga meragukan hal yang sama seperti apa yang diragukan oleh kedua Pimpinan Lembaga Tinggi Negara dan salah satu Dewan Komisaris. Kami memandang kritik yang disampaikan adalah bagian dari dukungan terhadap kelangsungan Flag Carrier Garuda Indonesia,” tambahnya.

Sekarga pun berharap, Menteri BUMN Erick Thohir dapat mengevaluasi kinerja Direksi Garuda Indonesia.

“Kami berharap Menteri BUMN dapat melakukan evaluasi terhadap kinerja Direksi Garuda Indonesia saat ini. Evaluasi ini sangat penting dilakukan demi untuk menjaga kelangsungan FLAG CARRIER Garuda Indonesia,” pungkasnya.
(Stvn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *