oleh

Momen HUT, GSVL Ungkap Pesan Jokowi untuk Warga Manado

WALIKOTA Manado Dr GS Vicky Lumentut (GSVL) secara blak-blakan membeber pesan khusus yang disampaikan Presiden Ir Joko Widodo (Jokowi) untuk Kota Manado. Pesan itu yakni Manado harus mampu menjadi kota destinasi pariwisata di Indonesia Timur. Pesan khusus juga ditujukan kepala Negara untuk orang Manado.
“Ada pesan Pak Presiden untuk kita semua di sini, bukan cuma pemerintah tapi juga masyarakat (orang Manado), agar sama-sama menjadikan kota ini, Kota Manado, sebagai tempat tujuan pariwisata di Indonesia Timur. Ini pesan pak presiden yang harus saya dan kita semua amankan,” ujar GSVL dalam momentum HUT ke-396 Kota Manado yang dilangsungkan di Aula Serbaguna Kantor Walikota Manado, Senin (15/07) siang.
Dalam kesempatan itu, walikota dua periode ini mengaku optimis bisa menjawab “bisikan” presiden tersebut. “Ini disampaikan pak presiden saat beliau berkunjung waktu lalu. Pak presiden cukup terkesima dengan sektor pariwisata kita. Bahkan (presiden) sempat ke Bunaken untuk melihat langsung keadaan pariwisata di sana,” kata GSVL.
Menurutnya, bukan hanya infrastruktur fisik pariwisata yang harus disiapkan Kota Manado untuk menjadi destinasi pariwisata di Indonesia Timur. Kesiapan masyarakat juga, katanya, sangat diperlukan. Selain itu, pelaksanaan kegiatan di daerah harus terus ditingkatkan, seperti halnya Iven Manado Fiesta 2019. “Manado Fiesta kali ini sudah memasuki tahun ketiga pelaksanaannya. Nah iven seperti ini harus disupport bersama, karena visi dan misinya jelas, untuk mendongkrak iklim pariwisata di Kota Manado.
Selain itu, melalui iven ini, tingkat perekonomian daerah juga niscaya akan menjadi lebih meningkat sehingga masyarakat akan lebih sejahtera, urai GSVL. Di satu sisi, selain mempublikasikan beragam pencapaian pemerintah selang setahun terakhir, walikota terbaik Indonesia ini mengakui masih banyak pekerjaan dan tantangan yang harus dilakukan pemerintah ke depan.
“Kota Manado diusia 396 tahun dan kepemimpinan saya yang memasuki akhir periode, bukan berarti tidak ada hambatan dan rintangan. Namun, kami tetap konsisten dan menjadikan hal itu sebagai tamparan bagi pemerintah untuk bisa berbenah. Karenanya, saya mengajak seluruh lapisan masyarakat termasuk pihak DPRD untuk terus bekerja sama menjadikan kota ini sebagai kota maju dan berkembang dikemudian hari,” tukasnya. Diketahui, HUT ke-396 Kota Manado kemarin ditandai melalui pelaksanaan ucapara bendera serta Rapat Sidang Paripurna Istimewa yang dipimpin langsung Ketua DPRD Manado Ny NH Van Bone didampingi Wakil Ketua Richard Sualang, Wakil Ketua Drs Danny RWF Sondakh serta dihadiri para anggota dewan, pejabat, unsur Forkompimda Sulut, Assisten I Setdaprov Sulut Edison Humiang yang mewakili Gubernur Sulut serta tamu dan undangan lainnya.(yha)