oleh

Minut Tuan Rumah W20 Presidensi G20 Indonesia



Komentaren.net-.Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 12 Tahun 2021 tentang Panitia Nasional Penyelenggara Presidensi G20 Indonesia Tahun 2022, bahwa pada tanggal 30 Maret 2022 Kabupaten Minahasa Utara telah ditetapkan sebagai tuan rumah pelaksanaan kegiatan internasional Presidensi G20 Indonesia 2022 yaitu W20 Side Event 1 (hybrid international seminar) bertema Women Freedom from Gender Discrimination yang akan dilaksanakan di Likupang.

Oleh karena itu, Pemerintah Minut segera ambil sikap siapkan diri songsong kegiatan internasional yang diadakan setiap 20 tahun sekali ditiap negara ini.

Bupati Minahasa utara melalui Staf khusus bidang promosi dan percepatan infestasi Dr. Drs Jopie J. A. Rori, SH.MH mengatakan, untuk pertama kali sepanjang sejarah Indonesia terpilih menjadi tuan rumah pertemuan 19 Negara dunia dan Uni Eropa (G20 ) sejak berdirinya pada tahun 1999 saat krisis global dan Indonesia satu-satunya negara Asean yang terpilih menjadi anggota G20 dan suatu penghargaan jika Minut menjadi tuan rumahnya.

Dari keterangan salah satu staf ahli Bupati ini, Pemerintah Kabupaten Minahasa utara langsung menanggapi peluang istimewa tersebut dan telah melaksanakan rapat persiapan pembentukan panitia lokal SK Bupati yang dipimpin Sekertaris daerah Ir. Jemmy Kuhu, MA dengan pihak terkait pada senin 1 November 2021 di JG centre jalan SBY Minut.

“Saat ini kami telah siapkan pembentukan panitia lokalnya dan untuk ketua umum kami usulkan Ketua TP PKK Minut Ibu Rizya Ganda Davega, juga persiapan kunjungan panitia Nasional pada 14-17 November 2021 dan pada 1 Desember Kick off G20 secara Nasional dibuka presiden Jokowi. Untuk W20 all side off 22 Desember dibuka oleh Bupati Minut Joune Ganda,” ucap Jopie Rori saat di temui media pada kamis 4 November 2021.

Lanjutnya, dalam acara ini akan dihadiri 50 negara off line dan 250 peserta secara online dari seluruh negara di dunia. Untuk suksesnya acara ini, semua pihak terlibat terutama desa-desa yang ada di Likupang.

“Jika Panitia Nasional akan kroscek, semua persyaratan memenuhi standar international. Maka, akan diundang menjadi pembicara mantan ibu negara Amerika Misel Obama dan mantan perdana menteri jerman Angela Merkel untuk jadi Narasumber,” tutur advocat ternama di Jakarta ini.

Disampaikan Rori, terkait acara ini,
Bupati minahasa utara akan menjadi salah satu pembicara pada 16-17 maret 2022 di konfrensi PBB dalam acara comition on the status of women 66 at UN-NY.

“Melalui momen ini, maka kita akan memperkenalkan Destinasi pariwisata super Prioritas Likupang dan potensi unggulan Minahasa utara kepada dunia internasional, sehingga dapat menggerakkan perekonomian di Minahasa utara,” ujarnya.

Dari keterangannya, dari arahan Bupati Joune Ganda, kepada panitia lokal untuk berkoordinasi dengan pemerintah provinsi Sulawesi utara, Kapolda Sulut dan Pangdam XIII Merdeka.
(*/stvn)