oleh

Meski Ditengah Pandemi, OD-SK Berhasil Bawa Sulut Raih Berbagai Prestasi

Komentaren.net-.Berbagai prestasi dan penghargaan berhasil diraih dalam kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Drs Steven OE Kandouw (ODSK) meski masih di suasana Pandemi Covid-19.

Puncak acara peringatan HUT ke-57 Provinsi Sulut dilaksanakan di Halaman kantor Gubernur, diikuti para pejabat Provinsi, Kabupaten/Kota, instansi vertikal dan disiarkan secara langsung (live) oleh TVRI, RRI, dan channel youtube Pemprov Sulut.

Hal ini dilakukan dengan maksud agar masyarakat dapat mengikuti dan menikmati keseluruhan acara yang dikemas secara visual terkait kilas balik sejarah, prestasi dan beragam kerja sertakan launching aplikasi, termasuk tampilan Vidio atas Penganugerahan Gubernur Terpopuler di Media Digital AHI 2021.

Pada kesempatan ini, Gubernur Olly Dondokambey SE bertindak sebagai Inspektur Upacara. Semua peserta upacara dan undangan mengenakan busana adat dan budaya daerah asal mereka.

Penyerahan penghargaan bagi daerah yang berhasil melaksanakan program pro rakyat dilakukan langsung Gubernur Olly didampingi Wakil Gubernur Drs Steven OE Kandouw. Penghargaan yang diberikan menjadi kebahagiaan tersendiri bagi penerima, sekaligus menjadi motivasi untuk terus berkarya, berprestasi demi rakyat dan banyak orang meskipun badai pandemi masih terjadi.

Perayaan HUT ke-57 Provinsi Sulut, membawa arus kekuatan bagi masyarakat karena walaupun di tengah pandemi dan serba terbatas, tapi tidak membatasi ruang dan waktu untuk terus berkomunikasi dan mendorong untuk siap berubah masuk di era digitalisasi ini.

Capaian keberhasilan disertai penghargaan begitu banyak yang diraih Pemprov Sulut di bawah kepemimpinan OD-SK, benar-benar membuktikan bahwa karya patut dihasilkan untuk masa depan daerah dan generasi.

Peluncuran tiga Aplikasi terbaru layanan inovasi publik yakni; Aplikasi 1DataSulut, Aplikasi Dashboard Pimpinan Start, dan Modul Aplikasi E-Sign dilakukan Gubernur Olly didampingi Wagub Kandouw, Sekdaprov Silangen dan Kadis Komunikasi Informasi Persandian dan Statistik (DKIPS) Sulut, Christiano Talumepa.

Saat menyampaikan sambutan, Gubernur Olly memaparkan upaya kerja keras yang dilakukan pemerintah dan masyarakat provinsi dalam setahun terakhir ini.

“Ini bisa dilihat dimana pada triwulan kedua tahun 2021, pertumbuhan ekonomi Sulut tumbuh menjadi 8,49%,” kata Gubernur Olly.

Upaya direct call peningkatan kerjasama dengan pemerintah Jepang soal ekspor komoditi pertanian dan perikanan. Selain itu, umpan balik program ‘mari jo ba kobong’ serta melakukan pengembangan UMKM, mendapatkan penghargaan Paritrana dari Kementerian Tenaga Kerja dan penghargaan lainnya di sejumlah bidang.

Plt Kepala Badan Kepegawaian Negara RI Bima Haria Wibisana, menyerahkan langsung kepada Gubernur Olly dan Wagub Kandouw Penghargaan BKN Award untuk Pemprov Sulut tahun 2021 untuk dua kategori.

“Semua sektor yang mendukung pertumbuhan ekonomi tetap berjalan di tahun ini meski kita diterpa dengan pandemi Covid-19. Kita harus tetap tangguh menghadapinya. Begitu pula dengan proyek-proyek strategis maupun program prioritas Nasional yang berlokasi di Sulut, termasuk KEK Pariwisata Likupang yang merupakan salah satu destinasi wisata yang akan terus kita kembangkan sesuai target yang telah ditetapkan,” ungkap Gubernur Olly.

“Demikian juga dengan sektor kesehatan yang terus kami prioritaskan dengan berbagai pembangunan rumah sakit daerah,” sambungnya.

Upacara peringatan HUT ke-57 Provinsi Sulut dihadiri Ketua DPRD Sulut Andi Silangen, Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Wanti Waranei Franky Mamahit, Kapolda Sulut Irjen Pol Nana Sudjana, Ketua TP PKK Sulut Ir Rita Dondokambey-Tamuntuan, Sekdaprov Edwin Silangen SE MS, Sekretaris dr Kartika Devi Kandouw-Tanos MARS, Bupati/Walikota, Wabup/Wawali se-Sulut, pejabat teras pemprov dan undangan.

Penerapan prokes selama upacara berlangsung tetap dilakukan.

Selain Upacara, Gubernur Olly dan Wagub Kandouw menghadiri Rapat Paripurna Istimewa DPRD Sulut dalam rangka HUT ke-57 Provinsi Sulut di DPRD Sulut.

Rapat paripurna inipun dipimpin langsung Ketua DPRD, dr Fransiskus Andi Silangen didampingi Wakil Ketua Victor Mailangkay SH MH, Billy Lombok dihadiri Anggota DPRD Sulut. Nuansa budaya lokal pun nampak. Berbagai prestasi baik dari pemerintahan, usaha masyarakat, pelajar, mahasiswa disampaikan Ketua DPRD Sulut.

Gubernur Olly pun menyampaikan terimakasih atas kolaborasi antara eksekutif dan legislatif dalam menjalankan program pembangunan di tengah masa pandemi Covid-19.

Namun sebelum puncak acara HUT ke-57 Provinsi Sulut, telah dilaksanakan berbagai kegiatan diantaranya Ziarah ke Makam para mantan Gubernur/Wagub Sulut baik di Jakarta maupun di daerah.

Hal ini dilakukan agar generasi muda tetap mengingat perjuangan, cita-cita dan pengorbanan para pendahulu untuk tetap dilanjutkan, agar generasi tidak melupakan Sejarah.

Seperti yang dilakukan Gubernur Olly dan Wagub Kandouw, melanjutkan tradisi dari tahun ke tahun tetap berlanjut sebagai bentuk penghormatan atas jasa-jasa, dedikasi dan komitmen membangun Sulut.

Gubernur Olly berziarah di TMP Kalibata Jakarta, mengambil waktu saat dia melakukan kunjungan kerja ke Jakarta.

Ziarah ke makam mantan Gubernur/Wagub juga dilakukan di daerah Sulut oleh Gubernur Olly dan Wagub Kandouw didampingi para pejabat teras Pemprov Sulut.

Tim Gubernur Olly didampingi Sekdaprov Sulut Edwin Silangen melakukan ziarah di makam mantan Gubernur Dr Sam Ratulangi, SH Sarundajang dan AJ Sondakh.

Tim Wagub Kandouw ziarah di makam mantan Gubernur CJ Rantung dan Makam Wakil Gubernur Ahmad Nadjamudin.

Sementara untuk upacara ziarah di makam mantan Wakil Gubernur Freddy Harry Sualang, bersama Tim Gubernur dan Tim Wagub. Gubernur Olly Dondokambey didampingi Ketua TP-PKK Sulut Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan pun ikut berziarah ke makam mantan Gubernur Sulut Hein Victor Worang di Desa Tontalete, Kabupaten Minut.

Patutlah diakui bahwa meskipun masih pandemi Covid-19, Provinsi Sulut di bawah kepemimpinan Gubernur Olly dan Wagub Kandouw akan terus dan tetap berprestasi dan merealisasikan program kerja sesuai Visi dan Misi demi kesejahteraan rakyat dan Sulut makin tambah hebat.
(Advetorial Diskominfo)