oleh

Menang di Pilkada Minut, Ini Fakta Menarik Joune-Kevin

Banwas

KOMENTAREN.NET – Calon Bupati Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung (Joune-Kevin) berada di posisi teratas hasil hitungan cepat Pilkada Minahasa Utara 9 Desember 2020.   

Pasangan Calon (Paslon) Joune Ganda-Kevin William Lotulung (JGKWL) meraih suara 56,59 persen, sedangkan dua paslon lainnya, Sompie Singal-Joppi Lengkong (24,59 persen) dan Shintia Gelly Rumumpe-Netty Agnes Pantouw (18,01 persen).

Kemenangan besar ini merupakan salah satu fakta menarik, mengingat figur Joune-Kevin tergolong pendatang baru di Pilkada Minut. Bandingkan dengan dua paslon pesaingnya. Pertama Sompie Singal adalah mantan Bupati Minut yang berpasangan dengan incumbent, Jopie Lengkong, wakil bupati saat ini.

Paslon lainnya adalah Shintia Gelly Rumumpe (SGR). Meski SGR baru kali ini mencalonkan diri di Pilbup, namun dia adalah putri dari Bupati Minut saat ini, Vonnie Anneke Panambunan (VAP). Dan pasangannya Netty Agnes Pantouw merupakan politisi kawakan yang sudah malang melintang di pencalonan legislative maupun eksekutif.

Oleh sebab itu, tak berlebihan jika Joune-Kevin menciptakan rekor tersendiri di Pilkada Minut dengan mengalahkan figur-figur lama di Pilkada. Fakta lainnya, Joune-Kevin juga berhasil membawa misi PDIP untuk merebut daerah yang selama ini belum dimenangkan PDIP.

Hebatnya, Joune-Kevin yang diusung PDI Perjuangan, Partai Perindo, Demokrat, PKPI, PSI, PPP, PBB dan Gerindra sebelum hari pemilihan, memang sudah diprediksi akan memenangkan Pilkada. Pasalnya dari hasil survei, elektabilitas keduanya terus melejit. Ini tak lepas dari ketulusan dan pendekatan Joune-Kevin terhadap masyarakat Minut, sehingga keduanya langsung mendpaat tempat di hati para pemilih.      

Sementara Joune Ganda dan Kevin William Lotulung sendiri menyebut, hasil yang diraih pada Pilkada Minut 2020, tidak lepas dari dukungan penuh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketua DPD PDIP Sulut Olly Dondokambey. 

 “Kharisma dan ketokohan Ibu Mega dan Pak Olly bagian yang tidak terpisahkan dari kemenangan Kader PDI Perjuangan pada Pilkada serentak 2020 di Sulut, khusus saya dengan Pak Kevin,”ujar Joune Ganda, Minggu (13/12/2020) lalu.

Kemenangan Joune-Kevin sendiri disambut gembira Ketua DPD PDIP Sulut, Olly Dondokambey yang sejak awal sangat mengharapkan bisa merebut top eksekutif Minut, karena masuk dalam wilayah strategis untuk dikembangkan bersama Bitung dan Manado.

Dengan keberhasilan PDIP memenangkan Minut, Bitung dan Manado, sinergitas akan semakin efektif. Seperti diketahui, tiga kabupaten/kota ini terdapat proyek-proyek strategis nasional di antaranya KEK Tanjung Pulisan, KEK Industri, Jalan tol, dan bendungan Kuwil. (vil)