oleh

Melky Pangemanan: Minut-Bitung Nikmati Program BISA dari Kemenparekraf

KOMENTAREN.NET, Manado – Komisi IV DPRD Sulut memanfaatkan perjalanan dinas di Jakarta. Setelah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kamis (06/08) komisi IV sambangi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Kunjungan kerja Komisi IV diterima oleh Direktur Bidang Kebijakan Strategis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bapak Hasan Abud, di Gedung Wisma Antara Lt. 18 Kemenparekraf, Jakarta Pusat.

Terkait dengan kondisi pandemi Kemenparekraf membuat beberapa Program yakni, Program Strakiman (Bantuan Sembako untuk Pelaku Ekonomi Kreatif), Program Balasa (Bantuan Lauk Pauk Siap Saji) dan Program BISA, program yang sementara on progress dalam bentuk padat karya.

Menariknya, Program tersebut akan dinikmati oleh Kabupaten Minut dan Kota Bitung. “Kami memberi apresiasi khusus kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang akan memberi bantuan dalam bentuk Program BISA (Gerakan Bersih, Indah, Sehat, Aman) ke Kabupaten Minahasa Utara dan Kota Bitung. Tentu DPRD berharap agar program tersebut bisa dirasakan oleh seluruh kabupaten/kota,” ujar anggota Komisi IV, Melky Jakhin Pangemanan (MJP).

“Program ini memberikan insentif bagi pelaku desa wisata, dalam bentuk kegiatan padat karya. Program BISA Desa Wisata merupakan gerakan padat karya yang bertujuan untuk mengoptimalkan pelaku usaha parekraf dalam menangani dan meningkatkan kebersihan, keindahan, kesehatan, dan keamanan masyarakat di Desa Wisata untuk menghadapi kondisi new normal,” jela MJP.

“Kami berharap agar program tersebut bisa dilaksanakan di seluruh kabupaten/kota se-Sulut,”sambung Wakil Ketua DPRD, Careig Naichel Runtu dan anggota Yusra Al Habsyi.

DPRD juga mengharapkan bantuan pemerintah pusat kepada masyarakat pelaku wisata yang terdampak di Sulawesi Utara, tercatat kurang lebih ada 8.700-an sementara baru sekitar sudah 1.700-an yang telah menerima.

Selain MJP hadir pula Wakil Ketua DPRD yang juga koordinator Komisi IV, Billy Lombok. Kemudian, wakil ketua Komisi IV, Careig Naichel Runtu (CNR), Yusra Al Habsyi kemudian Braien Waworuntu, Mellisa Gerungan dan menariknya, Legislator Partai NasDem, I Nyoman Sarwa meskipun kadang hadir kantor ikut saat perjalanan dinas luar daerah.(mon)