oleh

Mahfud MD: Olly Layak Menteri

GUBERNUR Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey memberi signal kuat bahwa dirinya kemungkinan besar akan masuk dalam draf Menteri Kabinet Jokowi, Oktober 2019 mendatang. Terkait kapasitasnya, kalangan elit nasional menilai Olly layak menjabat menteri. Salah satu penilaian ini datang dari mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Prof Dr Mahfud MD.   

Mantan Menhan ini mengatakan, Olly layak menjadi menteri. “Ya baguslah. Menteri itu kan komposisinya harus professional, ada keterwakilan pusat, keterwakilan daerah gitu yah. Kemudian ada dari parpol, perempuan dan lainnya. Nah mungkin untuk urusan tokoh-tokoh daerah, Pak Olly ya barangkali bisa dinominasikan,” ujar Mahfud ketika diwawancarai Komentaren di Rumah Kopi 8 (K8) Sario, Selasa (17/09) malam.

Meski demikian, Pakar Hukum Tata Negara ini mengatakan komposisi menteri dalam kabinet pemerintah merupakan hak prerogatif presiden. “Tetapi itu semua hak prerogatif Pak Presiden yang sebenarnya sampai sekarang belum ada yang tahu persis apa yang dirancang presiden. Presiden mengatakan sudah selesai semuanya, tapi sebenarnya untuk menghindari pertanyaan-pertanyaan saja menurut saya, karena belum ada satu pun yang tahu,” kata Mahfud.

Namun, Mahfud menegaskan spekulasi Olly Dondokambey diplot menjadi menteri, dinilai sangat berpeluang. “Ya bisa saja jadi. Pertama dia tokoh daerah yang sangat dikenal, kemudian di pusat juga reputasinya juga dikenal. Ya kita lihat aja nanti, mudah-mudahan yang terbaik lah. Saya kira (Olly) layaklah, tapi yang layak juga banyak kan,” tukas Mahfud.

Prof Mahfud MD sendiri berada di Manado untuk menghadiri sekaligus menjadi pembicara dalam seminar hukum yang digagas Fakultas Hukum Unsrat, Rabu (18/09) hari ini. Informasi ini sebagaimana disampaikan Toar Palilingan dan Tommy Sumakul yang mendampingi Mahfud MD ngopi sore di rumah kopi K8 bersama sejumlah akademisi Fakultas Hukum lainnya. Dan kehadiran Mahfud MD di rukop tersebut cukup menarik perhatian pengunjung. Sesekali pula Mahfud terlihat melayani permintaan foto dari pengunjung, termasuk para pelayan. (yha)