oleh

Luar Biasa ! di Era ODSK Hadir 5 Rumah Sakit Baru di Sulut

KOMENTAREN.NET – Penambahan fasilitas kesehatan berupa rumah sakit (RS) di Sulawesi Utara (Sulut) tergolong luar biasa. Bayangkan, hanya dalam kurun waktu setahun, Sulut di bawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (ODSK), memiliki lima buah rumah sakit baru. Selang Desember (08/12) 2020 ini, ada yang sudah beroperasi, dan ada yang segera diselesaikan untuk dioperasikan.

Gubernur Olly Dondokambey meninjau fasilitas rumah sakit baru di Sulut.

Dua RS yang tidak lama lagi diresmikan dan beroperasi adalah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi Sulut dan RS Khusus Mata. Kedua rumah sakit ini telah dilakukan topping off, yakni suatu proses yang menandakan bahwa kegiatan konstruksi telah memasuki tahap finishing.

Sejak Agustus lalu, RSUD Provinsi Sulut telah dilakukan topping off di lantai 11.  RSUD ini direncanakan beroperasi akhir tahun 2020. Hal yang sama juga untuk RS Khusus Mata, akan dioperasikan dalam waktu dekat.

Rumah Sakit Daerah Provinsi Sulut bakal rampung tahun ini.

Dalam catatan media ini, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey juga telah meresmikan Rumah Sakit Dr JH Awaloei yang terletak di Jalan Raya Manado-Tateli, Kabupaten Minahasa, Rabu (10/6/2020) silam.

Setelah itu, pada Sabtu (19/9/2020) lalu, Gubernur Olly juga meresmikan Sentra Medika Hospital International. Rumah Sakit Kelas B pertama bertaraf internasional yang berada di Kabupaten Minahasa Utara (Minut) ini terletak di area strategis Koridor Cepat Tumbuh Manado-Bitung tepatnya di Jalan Ir. Soekarno, Desa Maumbi, Kecamatan Kalawat, Minut.

Peresmian rumah sakit medika

Dan teranyar adalah RS Hermina Manado. Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey melakukan penandatanganan prasasti peresmian Rumah Sakit Umum Hermina Manado, Senin (07/12/2020) kemarin.

“Atas nama pemerintah Provinsi Sulawesi Utara tentunya mengucapkan selamat kepada pimpinan PT. Medika Loka Hermina, dan juga dipercayakan untuk menambah satu lagi rumah sakit di Provinsi Sulawesi Utara,” kata Olly saat mengawali sambutannya.

Olly meyakini bahwa dengan bertambahnya rumah sakit di Sulut maka tingkat pelayanan kepada masyarakat juga akan semakin optimal. “Tentunya hal ini membahagiakan bagi kami pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dalam rangka meningkatkan pelayanan bagi masyarakat di Sulawesi Utara,” bebernya.

Gubernur Olly Dondokambey meresmikan salah satu rumah sakit baru.

Lebih jauh lagi, Olly menuturkan bahwa Pemprov Sulut siap untuk membantu jika ada kendala yang dialami oleh RS Hermina Manado. “Tentunya ini juga kami sangat mengharapkan ada hal-hal yang perlu pemerintah provinsi ikut bersama-sama dengan rumah sakit Hermina Manado, kami tidak segan-segan untuk membuka diri kalau ada hal-hal yang perlu bantuan dari pemerintah daerah Provinsi Sulut,” kuncinya dilansir website hubmas pemprov Sulut.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut Sekdaprov Edwin Silangen, Direktur Utama PT. Medika Loka Hermina, Tbk Hasmoro dan Direktur RS Hermina Manado Rudi Ruhaedi. (adv/*)