oleh

Lombok Ajak Masyarakat Cerdas Pilih Kosmetik

KOMENTAREN.NET, AMURANG – Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi Partai Demokrat, dr Verna Gladies Merry Inkiriwang yang diwakili Anggota DPRD Sulut Billy Lombok, bersama BPOM Pusat, menggelar sosialisasi peng­gunaan kosmetik, di Desa Elusan, Amurang Barat, Selasa (26/03) kemarin.

Sosialisasi dan Komunikasi Infor­masi dan Edukasi (KIE) Obat dan Pangan Aman itu mengusung tema “Pangan Aman Aset Masa Depan”.

Pada kesempatan itu, Billy Lombok, menyampaikan pentin­gnya sosialisasi dan KIE ini dilak­sanakan. Sebab selain sebagai sarana masyarakat dalam memper­oleh informasi yang mungkin baru tentang pangan aman yang dapat dikonsumsi, juga sebagai upaya pemerintah dalam merangsang kemandirian masyarakat dalam meminimalisir beredarnya pangan ilegal dan berbahaya.

“Setiap hari kita pasti bersen­tuhan dengan yang namanya makanan dan kosmetik. Mustahil dalam sehari kita tidak bersentu­han dengan 2 hal tersebut. Namun kita masih sangat minim informasi terkait kemanan dan mutu pangan serta kosmetik yang kita pakai tersebut. Untuk itulah, kita harus cerdas memilih kosmetik dan pangan yang aman,” ujarnya.

Billy mengatakan, ini merupakan tanggung jawabnya selaku wakil rakyat atau anggota legislatif di pusat dan BPOM sebagai wakil pemerintah dalam memberikan informasi terkait pangan dan kos­metik yang aman.

Saat menjadi pembicara dalam kegiatan sosialisasi dan KIE pangan aman, Direktorat Pengawas Pangan Rendah dan Sedang (PRRS) BPOM Pusat Jakarta, Sondang Widya Estikasari SSi Apt MKM men­yampaikan perlunya masyarakat untuk dapat lebih memperhatikan dalam mengkonsumsi makanan sehari-hari.

“Kami harap agar para orang tua dapat mengawasi anak-anak saat membeli jajanan, baik di sekolah maupun di rumah. Sebab pada umumnya, anak-anak sangat senang mengonsumsi jajanan yang memiliki warna yang nge-jreng atau terang yang pada umumnya, padahal banyak ditemukan men­gandung pewarna tekstil,” ujarnya.

Kegiatan yang melibatkan ratusan peserta ini turut dihadiri Kepala Sub Bag Program dan Evaluasi BBPOM Sulut Manado Yanita Ika Widyasari MSc Apt.(bil)