oleh

Lomban: Pancasila Menyatukan Bangsa Indonesia

KOMENTAREN.NET, Bitung – Walikota Bitung Maximiliaan J Lomban SE MSi bertindak sebagai Inspektur pada Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2019 di Lapangan Upacara Kantor Walikota Bitung, Sabtu (01/06).

Saat itu Lomban membawakan sambutan Plt Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia Hariyono, dimana ia menekankan peranan penting Pancasila yang mampu menyatukan rakyat semua sebagai satu bangsa dan hidup dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Katanya lagi, Sebagaimana yang sudah kita ketahui semua bahwa kondisi geografis yang memposisikan wilayah Indonesia sebagai Negara kepulauan makin memperkokoh konsep dan keyakinan akan “tanah air Indonesia”.
“Kita Indonesia hidup dan bahagia dalam keberagaman. Pancasila sebagai dasar Negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia,” ucap Lomban.

Lanjutnya, Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila, kita akui bahwa eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai Negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila.

“Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan,” tandasnya
Melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019 kata Lomban, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi “politik harapan” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi Negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia.

“Kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Selamat Hari Lahir Pancasila! Kita Indonesia, Kita Pancasila,” pungkasnya
Turut hadir Wakil Walikota Bitung Ir Maurits Mantiri MM, Ketua TP-PKK Kota Bitung Dra Khouni Lomban Rawung MSi, Unsur Forkopimda, Unsur DPRD Kota Bitung, Sekertaris Daerah Kota Bitung DR Audy Pangemanan AP MSi, Para Staf Ahli dan Asisten, dan Kepala Perangkat Daerah Kota Bitung, ASN dan THL Kota Bitung.(nan)