oleh

Kondoj: SKPD dan Masyarakat Proaktif Mendukungnya

KOMENTAREN.NET, Sitaro – Kabupaten Kepualauan Sitaro menjadi salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Utara yang ikut sebagai peserta lomba Kabupaten Sehat. Tidak mau menyia-nyiakan kesempatan menjadi yang terbaik serta bertekad memperoleh hasil maksimal, Pemkab Sitaro akan melakukan berbagai terobosan, termasuk melibatkan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan masyarakat.

Hal ini dibenarkan Asisten Administrasi Umum Setda Kantor Bupati Sitaro, Drs. Denny Kondoj Msi dikonfirmasi wartawan belum lama ini. Dikatakan, dalam mempesiapkan Sitaro pada lomba kabupaten sehat, tidak serta mereta tanggung jawab hanya dibebankan ke Dinas  Kesehatan selaku instansi teknis, tapi seluruh SKPD harus turut terlibat membantu, termasuk dukungan dari masyarakat untuk hidup sehat dan proaktif menjaga kebersihan lingkungan masing-masing. ”Jadi penilaian kabupaten sehat itu tanggung jawab seluruh SKPD bukan hanya Dinas Kesehatan, termasuk masyarakat juga pro aktif menjaga kebersihan lingkungannya,” kata Kondoj.

Mengapa seluruh SKPD harus proaktif mendukungnya, menurut Kondoj hal itu lantaran pola penilaian kabupaten sehat sudah berubah dari tahun-tahun sebelumnya, yakni dilakukan secara berjenjang setiap pekan maupun pekan lainnya dan bulan berjalan, termasuk penilaianya dititik beratkan pada progres atau kemajuan dari suatu persiapan.” Penilaiannya secara berjenjang, minggu ini tim penilai datang, minggu depan juga datang sambil melihat progres yang dicapai. Jadi dinilai progresnya bukan nilai hasil akhir ada atau tidak kah upaya yang dilakukan pemda secara bertahap, atau ada kah kemajuan dari minggu ke minggu, karena begitulah sistim penilaian yang tren pada progres yang meningkat terus,” ujarnya. Sementara untuk aspek kesehatan yang masuk dalam kriteria penilaian lomba kabupaten sehat, diantaranya pelayanan kesehatan yang prima, kondisi kebersihan lingkugan sanitas serta tingkat kesadaran masyarakat. ”Saya berharap seluruh SKPD di Sitaro dan masyarakat mampu bersinergi untuk menunjang Kabupaten Sitaro pada lomba kabupaten sehat 2019,” pungkasnya. (ver)