oleh

Komisi IV DPRD Sulut Sering Diremehkan SKPD

KOMENTAREN.NET, Manado – Lagi, komisi IV DPRD Sulut bidang kesejahteraan rakyat dibuat kecewa
oleh SKPD Pemprov. Setelah Dinas Kebudayaan beberapa waktu lalu, kali ini Dinas Kesehatan (Dinkes) yang membuat Komisi IV kecewa. Agenda rapat dengar pendapat yang rencananya digelar Kamis (30/07) akhirnya dibatalkan.

Ketua Komisi IV, Braien Waworuntu, menyebut ketidakhadiran Dinkes adalah bentuk tidak menghargai kelembagaan DPRD sebagai institusi yang berhak mengawasi kerja pemerintah daerah. “Kepala dinas dan jajaran dinkes tidak menghargai kelembagaan DPRD. Tidak mau membangun sinergitas yang baik dengan kami,” ungkap politisi yang masih berusia muda itu.

Ditambahkan anggota Komisi IV, Melky Jakhin Pangemanan (MJP), Dinkes tidak kooperatif dan terkesan mengabaikan undangan DPRD. “Ini tindakan pandang enteng. Sangat tidak kooperatif. Padahal ada beberapa hal penting yang harus mereka jelaskan. Kami menyesalkan cara seperti ini. Jangan-jangan ada sesuatu yang disembunyikan,” tegas MJP.

Masalah ini sudah berulang kali terjadi. sejumlah insan pers menilai dari sudut lain dimana kepemimpinan Komisi IV yang membuat SKPD pandang enteng.

“Mungkin komisi IV juga harus evaluasi diri. Bisa saja ‘gaya main’ dan irama Komisi IV sendiri yang membuat SKPD pandang enteng. Wibawa kelembagaan dipertaruhkan. Ini tentu disayangkan. Kalau mau dibanding-bandingkan, Komisi IV periode lalu sangat dihormati dan disegani oleh SKPD karena masalah kesejahteraan rakyat adalah hal terpenting,” nilai sejumlah wartawan yang sehari-harinya meliput di kantor DPRD Sulut.(mon)