oleh

Ketua Umum GABSI Miranda Goeltom Buka Joune Ganda Cup

KOMENTAREN.NET, Manado – Sulawesi Utara yang selama ini tercatat sebagai salah satu daerah yang menjadi lumbung atlet bridge bergerak cepat. Di era pandemik Covid-19, Pengprov GABSI Sulut yang dipimpin Joune Ganda SE berinisiatif menyelenggarakan turnamen bridge online yang bersifat terbatas undangan.

Menurut Joune Ganda SE, tujuan penyelenggaraan even ini selain dalam rangka memotivasi para atlet untuk mengasah kemampuan bermain, kejuaraan Bridge Online ini sejalan dengan program PB GABSI dalam menggairahkan sistem pertandingan Bridge Online.

Joune menambahkan, adapun tujuan utama melaksanakan kejuaraan Bridge Online yakni mendukung para atlet Bridge dalam masa Pandemi Covid-19 agar tetap dapat berlatih. Menyahuti aspirasi sejumlah pemain yang telah terbiasa bermain secara oniline dan menjadi ajang bagi sejumlah atlet yang sedang mempersiapkan diri dan meningkatkan wawasan serta menjadi ajang berlatih jika dilaksanakan ajang Bridge Online Internasional.

Turnamen Bridge Online yang diberi nama Invitasi Bridge Online Terbatas Piala Joune Ganda diikuti 12 tim undangan, yaitu :

• RAEWAYA Minut (PC) Harke Tulenan
• KLABAT Minut (PC) Novy Nelwan
• AGAPE Minut (PC) Altin Rantung
• RAEWAYA Jakarta – undangan (PC) Bert Toar Polii
• MINAHASA (PC) Meinhard Manangkot
• TOMOHON (PC) Mac Leonardo Wajong
• BITUNG (PC) Franky Wowor
• ENT Manado (PC) Ronny Tumbel
• CBS Manado (PC) Royke Rambi
• FPIK Manado (PC) Johnny Budiman
• TOAR Manado (PC) Janus Sumanti
• Senior Sulut (PC) Richard Montong.

Turnamen ini digelar sejak tanggal 1 Juni hingga 8 Juni tapi pada tanggal 6 dan 7 Juni tidak ada pertandingan karena ada sebagaian pemain ikut juga bertanding di Pelangi Invitational Master Pairs.

Pertandingan dilakasanakan 2 babak, babak penyisihan dan babak KO. Peringkat 1-4 akan main di babak final sedangkan peringkat 5-8 bermain di babak play off. Keluar sebagai juara CBS Manado dan akan berhadapan dengan Tomohon di babak semi final sedangkan semi finalis lainnya Raewaya Minut melawan Agape Minut.

Mereka akan bermain hari ini Jumat 5/6/2020 3 segmen @12 papan. Pemenang akan berlaga di final pada tanggal 8/6/2020. Di babak play off, Raewaya Jakarta memilih Toar Manado dan Minahasa otomatis berhadapan dengan ENT Manado. Mereka akan bermain hari ini Jumat 5/6/2020 2 segmen @10 papan. Pemenang akan berlaga di final pada tanggal 8/6/2020. Regu yang kalah akan melanjutkan pertandingan 1 segmen malamnya.

Walaupun sudah dimulai tanggal 1 Juni tapi turnamen ini baru dibuka secara resmi pada tanggal 4 Juni 2020 sebelum pertandingan penentuan antara dua regu Raewaya Jakarta melawan Raewaya Minut.

Upacara pembukaan yang digelar secara virtual melalui aplikasi Zoom ini juga dihadiri Ketua Harian Pengprov Gabsi Sulut, Harke Tulenan dan Sekum Yudi Lintjewas.
Ketua Umum PB Gabsi Miranda S Goeltom menyempatkan hadir pada acara ini untuk membuka turnamen secara resmi.

“Meskipun dalam waktu dan ruang yang berbeda dan terbatas, saya mengapresiasi pelaksanaan Bridge Online Joune Ganda Cup yang hari ini dimulai,” kata Miranda Gultom, saat memberikan sambutan pembukaan ajang Joune Ganda Cup.

Menurut Miranda, sebagai daerah lumbung artis Bridge kelas dunia, keikutsertaan peserta Bridge asal Sulut ajang kejuaraan Bridge Online Joune Ganda Cup 2020 ini merupakan satu gagasan yang positif dan sangat diapresiasi. Mantan Gubernur Bank Indonesia itu pun menuturkan ucapan terima kasih kepada Ketua Pengprov GABSI Sulut Joune Ganda dan semua peserta pada ajang kejuaraan Bridge Online ini. (*/kmh)