oleh

Ketua DPRD Minahasa Glady Kandouw Kunjungi Rumah Warga Terdampak Banjir di Papakelan Tondano

Minahasa, Komentaren.net – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa, Glady Kandouw SE turun langsung ke lokasi bencana banjir bandang di Kelurahan Papakelan, Kecamatan Tondano Timur, Sabtu (5/11/2022).

Selain mengunjunginya rumah warga yang terdampak banjir, dihari yang sama, politisi PDI-P itu juga menyerahkan bantuan makanan dan pakaian kepada warga yang terdampak. Ia berharap bantuan yang diberikan bisa membantu warga terdampak bencana.

“Sebagai masyarakat Minahasa, kami harus peduli atas bencana yang menimpa rekan, kerabat dan keluarga kami di Kelurahan Papakelan,” katanya.

Glady Kandouw mengatakan, dirinya akan memperjuangkan revitalisasi Daerah Aliran Sungai (Das) Papakelan di Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2023 mendatang.

“Tapi saya ingatkan agar masyarakat selalu menjaga lingkungan sekitar dengan tidak membuang sampah sembarangan, agar tidak terjadi banjir seperti ini,” ujarnya

Diketahui, hujan deras yang terjadi sekitar pukul 11.00 hingga 12.00 Wita, menyebabkan puluhan rumah yang tergenang banjir.

Yolanda warga Papakelan mengatakan, ada puluhan rumah yang tergenang air dengan ketinggian sekitar 30 centi meter.

“Papakelan sudah jadi langganan banjir setiap kali terjadi hujan deras,” ia menyebutkan.

Syane Deeng, warga Papakelan menambahkan, banjir sering terjadi akibat penebangan pohon secara liar di pegunungan.

“Hutan di sekitar Papakelan itu sudah gundul. Dan itu sudah terjadi beberapa tahun terakhir. Penyebab banjir salah satunya juga adalah saluran air di Kelurahan Papakelan yang tersumbat,” ia menjelaskan.

“Jadi kami berharap ada perhatian dari pemerintah terkait banjir ini. Karena Kelurahan Papakelan sudah jadi langganan banjir setiap kali terjadi huja,” ia menambahkan.(nes)