oleh

Kenapa Olly-Steven Perkasa? Ini Jawaban LSI Denny JA !

KOMENTAREN.NET – LSI (Lingkaran Survei Indonesia) Denny JA mengungkapkan, hasil survei dan analisis yang ditemukan pihaknya di Pilkada Sulut 2020 ini, menunjukkan keperkasaan pasangan calon petahana Olly Dondokambey-Steven Kandouw (Olly-Steven). Elektabilitas paslon nomor 3 ini di atas 65 persen selang seminggu Pilkada 9 Desember 2020 mendatang.

Sedangkan pesaing Olly-Steven, yakni CEP-Sehan hanya berkutat di posisi kedua (26,2%) dan VAP-HR (5,5%) di urutan ketiga. Terdapat selisih 40-an persen antara Paslon petahana dengan paslon di posisi kedua, CEP-Sehan. Hal ini dibeber LSI Denny JA saat konperensi pers Rabu (02/12/2020) lalu, di di Ruangan Tondano, Swisbell Hotel Manado.

Direktur KCI (Konsultan Citra Indonesia) LSI, Adjie Al Faraby mengatakan, atas hasil survey ini, hamper bisa dipastikan Olly-Steven akan memenangkan Pilkada pada 9 Desember dan melanjutkan periode 2 mereka.  

“Sedangkan selisih 10 persen saja sangat sulit untuk mengejar di Pilkada tingkat provinsi, apalagi ini selisihnya 40 persen,” ungkap Faraby.

Bahkan kata dia, fenomena elektabilitas Olly-Steven yang berada di atas 60-an persen tersebut, bukan tidak mungkin memecahkan rekor Pilkada di Indonesia. Karena sejauh ini, baru Olly-Steven petahana yang mampu menempatkan elektabilitas setinggi itu. “Dalam 10 tahun terakhir, baru Olly-Steven selaku paslon petahana yang berada di atas 60 persen. Ini merupakan rekor,” kata Faraby.  

Lalu apa yang membuat Olly-Steven begitu perkasa? Menurut temuan LSI dalam surveinya terhadap 800 responden, ada enam hal yang membuat ODSK perkasa. Pertama, kinerja paslon petahana ini berada di atas 80 persen. Hal yang sama juga terkait kepuasan responden terhadap Olly-Steven di atas 75 persen.

Olly-Steven juga, lanjut Faraby, dinilai berhasil oleh pemilih dengan prosentasi mencapai di atas 80 persen. Hal lainnya yang menjadi keunggulan petahana, bahwa Olly-Steven sangat popular dan disukai.

Popularitas Olly Dondokambey mencapai di atas 98 persen dan disukai pemilih 80,3 persen. Demikian juga Steven Kandouw popularitasnya berada di angka 93,2 persen dan disukai 81,1 persen.

Parameter lainnya yang ditanyakan LSI terhadap responden menyangkut apakah ingin petahana menjabat kembali, mendapat prosentasi di atas 65% dan mereka yang ingin petahana (Olly-Steven) terpilih lagi ada di atas 75 persen.

Dan tak kalah penting, Olly-Steven juga unggul di semua aspek personality mencakup menyenangkan, jujur, pintar, mampu, berwibawa, perhatian, taat beragama, suka menolong yang rata-rata di atas 70-an persen.

Sedangkan dari segmen pemilih, Olly-Steven juga terus mendominasi dibandingkan CER-Sehan dan VAP-HR. Baik segmen pemilih gender (lak dan perempuan) semuanya menjagokan paslon nomor 3. Begitu juga pada kategori penganut agama, generasi (milenial dan lansia), pemilih berpendidikan), wong cilik dan mapan serta kategori profesi.  

Bahkan yang menarik dari data LSI, untuk pemilih penganut agama yakni Islam, Olly-Steven meraup 51,6 persen, sedangkan CEP-Sehan (43,7%) dan VAP hanya 2,6 persen. (mon/*)