oleh

Kemenparekraf, Dispar Sulut dan Komisi X DPR RI Bersinergi, Bimtek Ekraf Diwarnai Bersih-bersih Pantai Likupang

Likupang, Komentaren.net – Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Sulawesi Utara (Dispar Sulut), menggelar Bimtek (Bimbingan Teknis) Pemasaran Digital (Blended Activity) yang diwarnai giat bersih-bersih di Pantai Likupang, Rabu (26/05) hingga Kamis (27/05), di Paradise Hotel.   

Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia(SDM) Ekonomi Kreatif (EKRAF) yang digagas Kemenparekraf dan Ekonomi Kreatif RI bersama mitra kerja legislati,  yang dalam hal ini dihadiri Anggota Komisi X DPR RI, Adriana C Dondokambey, utusan Daerah Pemilihan Provinsi Sulut.

Giat yang didukung penuh Dinas Pariwisata Provinsi Sulut dan Dinas Pariwisata Kabupaten Minahasa Utara ini, memberikan bimtek terhadap pelaku produk Ekonomi Kreatif yang diselenggarakan Direktorat Pengembangan SDM Ekonomi Kreatif pada Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf.

Usai bimtek, turut diwarnai kegiatan bersih pantai melalui Gerakan  BISA (Bersih, Indah, Sehat, Aman)  dan diikuti 100 peserta, baik para pelaku usaha ekraf maupun masyarakat sekitar objek wisata di Pantai Paal Desa Marinsow Kecamatan Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara.          

Peserta bimtek diberikan berbagai pembekalan dari sejumlah narasumber. Di antaranya metode dan teknik pengambilan foto dan praktek smartphonegraphy dari Pakar Fotografi Dudi Sugandi.

Juga diberikan Pembekalan Pemasaran Digital oleh NarSum Pikukuh Pambudhiarto, yang juga seorang wirausaha sukses dalam memasarkan produk melalui online/digital.       

Rita Dwi Kartika Utami selaku Kordinator Edukasi I Direktorat Pengembangan SDM Ekraf Kemenpar Ekraf RI, menyatakan bahwa pelaksanaan bimtek ini bertujuan untuk mengoptimalkan Pengembangan SDM, juga sebagai upaya memberdayakan potensi para Pelaku Ekraf guna membangkitkan kembali sektor pariwisata dari keterpurukan  ekonomi akibat Pandemi Covid-19.    

Senada disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Daerah Provinsi Sulawesi Utara,  Henry Kaitjily. Sebagaimana dikutip Kepala Bidang Pengembangan Kelembagaan Disparprov Sulut Roy Saroinsong, bahwa para pelaku ekraf haruslah membuat suatu ekosistem yang tangguh di era adaptasi kenormalan baru akibat Pandemi C-19 yang masih berlangsung.

Dan dalam kondisi kekinian dalam menjalankan Wisata Berkelanjutan ( Sustainable Tourism), maka penerapan CHSE (Clean, Health, Safety & Environment)  bagi dunia usaha pariwisata, termasuk warga masyarakat di objek wisata/destinasi, adalah menjadi keharusan, dan Program BISA (Bersih, Indah, Sehat, Aman)  sebagai  upaya meningkatkan kesiapan destinasi wisata dan kepercayaan Wisatawan dalam memasuki Adaptasi Kebiasaan Baru di era Pandemi C-19.               

Anggota Komisi X DPR RI Utusan Sulut Adriana C Dondokambey, Kala membuka kegiatan lanjutan Bimtek  Pemasaran Digital dan Gerakan Bersih Pantai  di Pendopo Area Pantai  Paal-Marinsow ini memberikan apresiasi dan support  kepada pihak Kemenpar Ekraf RI atas terselenggaranya dua hajatan tersebut, sembari mengingatkan bahwa 5 Destinasi Super Prioritas (DSP) di Indonesia yakni : Likupang,Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo. Dan Likupang sendiri telah menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata dengan ditetapkannya melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 84 tahun 2019.                              Diakhir Sambutannya, Adriana Dondokambey mengharapkan agar Program BISA akan menjadi gerakan pemerintah dan stakeholder Pariwisata, menjelang  dibukanya destinasi pariwisata di era new normal.

Pertemuan yang berlangsung akrab dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, di antaranya wajib menjalani Pemeriksaan Rapid Anti-Gen, Menjaga Jarak, Memakai Masker dengan benar, Mencuci Tangan kepada segenap Peserta dan Undangan yang turut dihadiri Kadis Pariwisata Kabupaten Minahasa Utara, Camat Likupang Timur, Hukum Tua (Kades) Marinsow, Kinunang, Pulisan di Lingkar KEK Likupang.

Tak ketinggalan diat tersebut turut diselingi atraksi Kesenian Tari  Gunde, dan persembahan lagu dari Orkes “Guitar Mama” dan diikuti kegiatan penyerahan perangkat kebersihan. (rik/sbr)