oleh

Kapolres Minahasa Damaikan Kelompok Pemuda yang Tawuran di Kelurahan Tataaran Satu

Minahasa, Komentaren.net – Kapolres Minahasa AKBP Tommy Bambang Souissa SIk mengatakan, pemuda harus bisa menjaga kedamaian keamanan dan ketertiban.

Hal itu dikatakan kapolres saat menggelar musyawarah damai kelompok pemuda di Kelurahan Tataaran Satu di Aula Tansatrisna Polres Minahasa, Selasa (19/7/2022).

“Diharapkan kita dapat bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban, jangan mudah terprovokasi. Mungkin para pemuda ini tidak mengerti hukum dan terpengaruh oleh berita hoaks,” kata Souissa.

Dalam kesempatan ini juga kapolres mengingatkan orang tua agar bersama-sama menjaga dan mengingatkan para pemuda yang bertikai agar kejadian seperti ini tidak terulang lagi.

“Jika berikut masih ada kejadian seperti ini (tarkam-red) akan kami proses pidana. Tidak ada kata damai lagi,” ia menyebutkan.

Kegiatan diawali dengan pembacaan surat perjanjian damai oleh 21 pemuda dari lingkungan III dan V Kelurahan Tataaran Satu secara bersama-sama dan dilanjutkan dengan penandatanganan surat pernyataan dan surat perjanjian damai disaksikan oleh Asisten I Raviva Maringka, Kapolres Minahasa AKBP Tommy Souissa S.I.K dan Jajaran, Camat Tondano Selatan, Dandim, Ketua Pengadilan Minahasa, Lurah Tataaran Satu, tokoh agama serta orang tua pelaku.

Selain itu, dilaksanakan juga pembacaan surat pernyataan musyawarah damai oleh Camat Tondano Selatan Drs Yoris Tumalantau dan pembacaan ikrar damai oleh para pemuda yang bertikai.

Pertikaian para pemuda terjadi pada Minggu (17/7/2022) dini hari setelah sebelumnya mengkonsumsi minuman keras.

Kegiatan Musyawarah Damai diikuti oleh Forkopimda dan Forkopimca Kabupaten Minahasa yaitu : Dandim 1302/ Minahasa Letkol Inf Ihcram Efendi, Kapolres AKBP Tommy Bambang Souissa SIK, Ketua Pengadilan Negeri Tondano Nova Loura Sasube SH.MH, Asisten 1 Setdakab Minahasa Drs Reviva Maringka M.Si Jimri Tandanggipu (mewakili Kasat Pol PP), Drs Yoris Tumalantau (Camat Tondano selatan), Danramil Tondano Kapten (Inf) Donny Lumenta, Kapolsek Tondano Iptu Putu. H. kusumah, Deiby Lensun SS. (Lurah Tataaran 1).Tokoh Agama, Pemuda dan Tokoh masyarakat.(nes)