oleh

Kapolda Cek Kesiapan Pemilu Pulau Terluar Marore

KOMENTAREN.NET –Kapolda Sulut Irjen Pol R Sigit Hardjanto SH MSi berkunjung ke Kabupaten Kepualauan Sangihe, Sabtu akhir pekan lalu. Kehadiran Kapolda selain melaksanakan agenda kunjungan kerja rutin di wilayah perbatasan, juga untuk mengecek kesiapan pelaksanaan pemilu serentak di pulau terluar Marore.

Kedatangan Kapolda di Bandara Naha dijemput langsung Bupati Jabes Gaghana SE ME bersama Wakil Ketua DPRD Frejon Sampakang serta Kapolres Sangihe dan jajaran. Begitu pula kedatangan Kapolda di Marore yang didampingi Kapolres dengan menggunakan helikopter, juga mendapat sambutan secara adat oleh pemerintah dan masyarakat pulau yang berbatasan dengan negara tetangga Philipina tersebut. Selain mengecek kesiapan PAM Pemilu 2019, baik dari unsur TNI-POLRI maupun pihak terkait yang dilibatkan, tujuan kunjungan Kapolda juga untuk mengetahui langsung situasi di wilayah terluar yang berbatas dengan Philipina serta memberikan motivasi dalam pelaksanaan tugas pengamanan pemilu kapada personil POLRI dan TNI di Perbatasan.

”Kunjungan pak Kapolda ke Sangihe juga terkait dengan pengecekkan kesiapan pemilu di pulau terluar Marore, sekaligus memberikan motivasi kepada personil POLRI dan TNI yang melaksanakan tugas pengamanan pemilu,” ungkap Kapolres AKBP Sudung Ferdinan Napitu. Sementara dalam agenda kunjungan ke pulau Marore, diawali sambutan Kapolres Kepulauan Sangihe yang sekaligus pemaparkan singkat tentang situasi wilayah Kepulauan Marore.

Selanjutnya Kapolda dalam sambutannya menjelaskan tentang program kerja kunjungan ke pulau terluar/perbatasan yang sekaligus juga sebgai agenda pengecekan persiapan Pemilu, mulai dari kesiapan Panitia Pelaksana Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), lokasi TPS dan gudang Logistik Pemilu serta pengecekkan personil Pengamanan Polri dan Linmas.

Dikesempatan itu Kapolda juga Penyerahan bingkisan sembako dan vitamin kapada Personil Pam Perbatasan AD Raiders 712, yg diterima oleh Letda CHB Wilson Nanlohi serta penyerahan bingkisan alat olahraga, yg diterima oleh Kapolsek Marore Iptu Ir. Kasiaheng. Diakhir kegiatan di pulau Marore, Kapolda juga menyempatkan diri melakukan pengecekan di Kantor Polsek Marore yang baru selesai di bangun serta mengunjungi Kantor dan Personil Pos Angkatan Laut Marore dan mengunjungi Kantor Polsek Marore yang lama. Kedatangan Kapolda di pulau Terluar Marore dijemput Kapolsek Marore, Iptu. Ir Kasiaheng, Camat Kepulauan Marore, Imelda Lawendatu SStp, Danramil 10 Marore Kapten Inf. Muslijan, Dan Pos AD 712  Raider Letda CHB. Wilson Nanlohi (Personil Pam Perbatasan), Kepala Pos Imigrasi Bapak Balinting Layang, Perwakilan AL Philipina Romano (Personil Border Crossing Area /BCA),  Ketua PPK Kecamatan Kepulauan Marore H. Barahama bersama anggota PPK serta PPS,Kepala sekolah SD, SMP dan SMA Marore, Kapitalaung Marore Z Sumolang serta Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan warga Kampung Marore.(ver)