oleh

Joune Ganda Kantongi ‘Tiket’ Calon Bupati Minut 2020-2024

PARTAI pemenang Pemilu 2019, PDI Perjuangan (PDIP) di Sulawesi Utara resmi mengundang 51 kandidat yang telah diseleksi di tingkat pleno DPC dan DPD I untuk Pilkada 2020 di 7 kabupaten/kota se-Sulawesi Utara, Sabtu (07/12/2019).  

Para kandidat baik dari internal maupun eksternal partai yang terpilih tersebut, diundang langsung lewat surat yang diteken Ketua DPD PDIP Sulut Olly Dondokambey SE dan Sekretaris Franky Wongkar.

Menariknya, dari 51 kandidat yang akan diseleksi PDIP untuk maju di Pilkada 2020 tersebut, sosok Joune Ganda SE tergolong istimewa. Apa pasal? Wakil Ketua DPD PDIP Sulut Bidang Ekonomi ini merupakan satu-satunya yang mengantongi undangan dengan label “calon bupati Minahasa Utara” dari 7 kandidat yang diundang untuk dijaring di Pilkada Minut.

Enam lainnya, masing-masing Paul Nelwan, Kevin Lotulong, Herry Rotinsulu, Patrice Tamengkel, Berty Kapojos dan Sammy Dondokambey terundang untuk posisi papan dua alias wakil bupati. Dari surat undangan yang langsung ditentukan kategorinya itu, bisa dipastikan bos Rae Waya Group tersebut telah mengantongi tiket calon bupati Minut.   

Lalu apa yang membuat pria yang diinial JG ini istimewa, sehingga menjadi satu-satunya yang diposisikan sebagai bakal calon bupati? Ketua DPC II PDIP Kabupaten Minut, Denny Lolong angkat suara. Dia membenarkan bahwa hanya Joune Ganda yang diundang untuk mengambil formulir pendaftaran sebagai Bakal Calon Bupati Minut.

JG dinilainya sangat representatif untuk diusung PDIP sebagai calon bupati di Minut. “Kami melihat Joune (Ganda), sebagai figur yang layak memimpin di Minahasa Utara. Dekat dengan masyarakat tapi juga mempunyai koneksi yang kuat untuk memberikan Minut yang terbaik,” kata Lolong.

Memang tak bisa dipungkiri, meski terbilang belum lama berkecimpung di politik, JG yang adalah pengusaha sukses nasional, langsung melejit pamornya berkat karyanya bagi masyarakat Sulut, terlebih di Minahasa Utara (Minut).

 JG tak segan-segan membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan, serta rajin mendengarkan aspirasi warga Minut yang ternyata sangat menginginkan pembaharuan di kabupaten yang dijadikan “super prioritas” pariwisata nasional tersebut.    

Hal istimewa lainnya, JG dinilai sosok yang ideal untuk dicalonkan sebagai kepala daerah, karena memiliki jaringan dan akses kuat baik di tingkat nasional maupun internasional. Tak heran jika dia mendapat support dan restu Ketua PDIP Sulut yang juga Bendahara Umum DPP, Olly Dondokambey, SE.

Sinergitas inilah yang membuat JG terbilang istimewa, yakni sosok yang mampu menempatkan diri untuk akses di pusat dan daerah, terlebih kemampuannya sebagai figur yang cepat dicintai konstituen karena kedekatan dan peduli dengan warga di berbagai strata.

“Pak Joune Ganda memiliki kelebihan tersendiri, yakni aksesnya dengan elit nasional maupun partai yang baik, juga membaur dengan masyarakat, serta memiliki kepedulian yang tinggi. Ini merupakan calon leader yang ideal,” ungkap warga Minut, Roy Maramis.         

JG sendiri saat memenuhi undangan PDIP dalam kapasitas sebagai bakal calon bupati Minut terundang, terlihat mengenakkan kemeja merah, warna khas PDIP. Pria ganteng terus menebar senyum kepada massa yang mengawal dan memberinya support ketika bertandang ke Kantor PDIP Sulut, di Jalan Soekarno, Desa Maumbi Kecamatan Kolongan, Minut, Sabtu (07/12/2019) lalu.

Tim Penjaringan Frangky Wongkar yang juga Sekretaris PDIP Sulut menjelaskan, penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati Minut hanya akan dilaksanakan sehari. Tanggal 10 Desember 2019 nanti, kata Wongkar, merupakan batas akhir pemasukan formulir pendaftaran. (mon/ad*)

Kandidat yang Diundang PDIP untuk Pilkada Minut 2002

Kandidat Calon Bupati

  1. Joune Ganda, SE 

Kandidat Calon Wakil Bupati

  1. Paul Nelwan
  2. Kevin Lotulong
  3. Herry Rotinsulu
  4. Patrice Tamengkel
  5. Berty Kapojos
  6. Sammy Dondokambey.