oleh

Jokowi Sentil Masalah Tata Ruang Penghambat Hotel di Sulut

PRESIDEN Jokowi dalam kunjungannya di Sulawesi Utara, Kamis (04/07), mengatakan hotel perlu diperbanyak di daerah ini, mengingat banyaknya kunjungan wisatawan. Namun presiden kemudian menyentil persoalan tata ruang yang menjadi penghambat pertambahan hotel. “Hotel di sini masih kurang, karena (memang) ada masalah tata ruang,” katanya.

Namun begitu, dia mengatakan persoalan tersebut akan segera diatasi, karena investor sudah siap. “Investor sudah ada, tapi tata ruang belum. Ini kita akan selesaikan,” tandasnya.

Presiden mengatakan, Sulut merupakan provinsi the rising star di bidang pariwisata karena mampu meningkatkan kunjungan sebesar 600 persen. Oleh sebab itu, pemerintah akan jor-joran memberi fasilitas bagi Sulut agar setor pariwisatanya makin berkembang dan maju. Di antaranya pembangunan Bandara Sam Ratulangi yang akan dimulai September 2019 dan selesai Agustus 2020.

Presiden Jokowi mengatakan, Bandara Sam Ratulangi nantinya akan mampu menampung 6 juta penumpang per tahun dan bisa didarati pesawat berbadan lebar setelah selesai dibangun terminalnya. (yha/sbr)