oleh

Jokowi Perintahkan Bandara Samrat Dibangun Mulai September 2019

PRESIDEN Jokowi mengatakan, Bandara Sam Ratulangi sudah tidak mencukupi lagi untuk menampung arus penumpang yang masuk lewat bandara ke Sulawesi Utara. Padahal saat ini, banyak turis terutama Cina yang masih akan berdatangan. Sehingga kalangan travel meminta agar bandara Sam Ratulangi diperbesar daya tampung penumpangnya.  

“Permintaan travel agen dan biro banyak sekali turis ingin dating ke Manado, khusus dari Tionghkok dan negara lain. Dan terminal di sini (Bandara Sam Ratulangi) sudah tidak mencukupi apabila yang ingin datang kita terima semua. Runaway juga perlu diperpanjang agar pesawat berbadan lebar bisa turun di Manado,” kata Jokowi ketika meninjau Bandara Sam Ratulangi, Kamis (04/07/2019).

Oleh sebab itu, Jokowi mengatakan telah memerintahkan untuk membangun bandara Sam Ratulangi. “Mulai September ini dibangun dan selesai Agustus 2020 nanti,” katanya. Dikatakannya, untuk saat ini daya tampung Bandara Samrat ‘hanya’ 2,5 juta penumpang per tahun, padahal per 2018 lalu jumlah penumpang sudah menyentuh 2,7 juta. Ditargetkan seusai pembangunan, bandara tersebut bisa menampung 6 juta penumpang per tahunnya. (yha/*)