oleh

Jokowi Penuhi Permintaan Olly

KUNJUNGAN Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Sulawesi Utara hari Kamis (04/07) ini, berkaitan erat dengan pertemuan presiden bersama sejumlah kepala daerah April 2019 lalu di Bogor, termasuk di antaranya Gubernur Sulut Olly Dondokambey.

Selain Olly, hadir juga saat itu Gubernur Jatim, Jateng, NTT dan Bali. Sempat beredar isu, para kepala daerah ini adalah pemilik wilayah yang memenangkan Jokowi secara besar di Pilpres. Dan dalam pertemuan itu, Jokowi sempat menanyakan apa yang dibutuhkan daerah yang dipimpin para gubernur yang dijamu khusus Jokowi itu. 

Gubernur Olly pun saat itu langsung meminta agar percepatan pembangunan infrastruktur strategis nasional di Sulut, di antaranya jalan told an KEK. Seusai pertemuan dengan Olly cs, tepatnya Juni 2019, Jokowi memanggil beberapa menteri kabinet kerja ke Istana Presiden, di Jakarta Pusat. Acara tersebut berlangsung secara internal. Namun pertemuan itu untuk menindaklanjuti pembicaraan Jokowi bersama gubernur Olly cs di Bogor lalu.

Pejabat yang dipanggil Jokowi adalah Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengakui bahwa pemanggilan para menteri oleh presiden, untuk menindaklanjuti pertemuan Presiden Jokowi dengan para gubernur beberapa waktu lalu. “Menindaklanjuti pertemuan dengan para gubernur di Bogor,” kata Basuki. “Gubernur Jatim, Jateng, NTT, Bali, sama Sulut,” sambung Basuki.

Dapat diketahui, para gubernur yang pernah diundang Jokowi ini mendapat ucapan terimakasih langsung karena daerah yang dipimpinnya mencatat suara capres petahana menang telak. Sulut salah satunya.

Hari ini, Jokowi pun memenuhi permintaan Gubernur Olly cs dalam pertemuan di Bogor lalu. Sesuai agenda, Jokowi akan meninjau keberadaan Bandara Sam Ratulangi (atas permintaan diperluas), meninjau jalan told an lokasi KEK di Bitung. Proyek-proyek infrastruktur ini masuk dalam daftar permintaan gubernur agar dipercepat sewaktu pertemuan di Bogor. Dan Presiden Jokowi akan membawa langsung Menteri PUPR, Menteri Keuangan, dan Menteri Perhubungan.

Kehadiran Jokowi di Sulut juga membuktikan, bahwa Jokowi komitmen dengan ucapannya untuk langsung tancap gas ‘bekerja’ seusai ditetapkan sebagai Preisden terpilih hasil Pemilu 2019. “Negara ini memerlukan kerja keras kita semuanya tanpa kecuali. Besok kita langsung kerja,” kata Jokowi di Gedung KPU Jakarta Pusat, Minggu (30/6), ketika mendengarkan pengesahan KPU atas terpilihnya dia untuk kedua kali sebagai kepala Negara.(sbr/yha)