oleh

JFE – SAS Peringatkan Warga Soal Bencana Kekeringan

KOMENTAREN.NET, Tomohon – Walikota Tomohon, Jimmy F Eman SE Ak bersama Wakil Walikota Tomohon, Syerly Adelyn Sompotan peringatkan warga kota soal kemungkinan adanya bencana yang bakal ditimbulkan akibat dari musim kekeringan.

Dijelaskan Walikota, kami telah mendapatkan peringatan ini dari Badan Meteorologi, dimana saat ini ada enam dari tujuh Zona Musim di Sulawesi Utara, telah memasuki musim kemarau berdasarkan analisis hujan update 01 September 2019.

“Untuk itu kami mengingatkan warga untuk waspada terkait ancaman bencana kekeringan. Dari analasis dan pembahasan Badan Meteorologi, Data HTH hingga update 01 September 2019 menunjukan beberapa wilayah di Sulawesi Utara mengalami deret hari tanpa hujan berturut–turut lebih dari 21 hari.

Prakiraan peluang curah hujan menunjukkan  beberapa daerah di prakirakan akan mengalami curah hujan sangat rendah (kurang dari 20mm/ dasarian), dengan peluang lebih dari 70 persen,” jelas Walikota, Minggu (01/09).

Wakil Walikota, Syerly Adelyn Sompotan menambahkan, kondisi saat ini memenuhi syarat untuk dikeluarkan peringatan dini. Untuk itu kami meminta warga agar menghemat air, dan mempergunakan seperlunya. “Jangan sampai membiarkan air terbiar menyala di keran rumah ataupun sebagainya. Mari kita jaga juga kelestarian alam, karena dimusim kering ini rawan terjadi kebakaran,” jelasnya.(nox)