oleh

Jelang Idul Fitri, Pemprov Sulut Buat Kebijakan Pengampunan Pajak Ranmor Hingga 31 Mei

Manado,Komentaren.net-.Sejumlah hal terkait kebijakan pemerintah daerah menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H menjadi pokok pembahasan dalam Rapat Forkopimda Provinsi Sulawesi Utara yang dipimpin Gubernur Olly Dondokambey di Ruang Rapat Lt. 6 Kantor Gubernur, Rabu (27/4/2022).

Hal pertama yang dikemukakan oleh Gubernur Olly Dondokambey adalah terkait ketersediaan bahan pokok di Sulawesi Utara jelang Lebaran yang jatuh pada pekan depan.
“Soal distribusi bahan pokok, dapat kita laporkan bahwa stoknya mencukupi, seperti daging ayam, telur ayam ras, gula pasir, minyak goreng curah dan terigu,” ujar Gubernur.
“Saya sudah minta ke Kadis Perdagangan dalam rangka Lebaran ini kita hambat sedikit barang kita ke luar daerah, jadi stok kebutuhan-kebutuhan pokok kita utamakan di dalam daerah,” lanjutnya.
Sementara itu terkait penanganan arus mudik Lebaran, Gubernur menyebut salah satu hal yang dilakukan Pemprov Sulut adalah dengan melakukan koordinasi dengan BMKG dalam rangka mengantisipasi cuaca ekstrem yang berpotensi menganggu aktivitas mudik Lebaran.
“Koordinasi kita dengan BMKG, masuk bulan Mei ini memang cuaca kurang bersahabat. Jadi perlu kita antisipasi utamanya terkait mudik Lebaran,” tuturnya.

“Selain itu, menjelang Lebaran Pemprov Sulut membuat kebijakan pengampunan pajak kendaraan bermotor yang berlangsung hingga 31 Mei guna mendukung kelancaran transportasi para pemudik,” tambahnya.
Terakhir, menyangkut keamanan dan ketertiban masyarakat selama Hari Raya Idul Fitri, Gubernur mengatakan bahwa selain ketersediaan TNI/Polri, pemerintah daerah akan mengajak ormas-ormas keagamaan terkait pengamanan Lebaran.
“Kita minta ormas-ormas seperti Panji Yosua dalam membantu pengamanan Lebaran, yang tentu saja telah terdaftar di Badan Kesbangpol,” pungkasnya.

Hadir dalam rapat tersebut, jajaran Forkopimda Sulut, Sekdaprov Sulut, Asisten I dan Asisten II Setdaprov Sulut, Ketua MUI Sulut, PHBI, serta pejabat maupun stakeholder lainnya.
(***/stvn)