oleh

Jalin Kerjasama dengan Universitas Indonesia, UNPI Manado Berkomitmen Tingkatkan Mutu Akademik

KOMENTAREN.NET, Manado – Fakultas Teknik Universitas Pembangunan Indonesia (UNPI) Manado berkomitmen untuk meningkatkan mutu akademik. Dalam hal ini digelar cara Menyusun Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Model Outcome-Based Education (OBE) dalam kegiatan yang dikemas lewat workshop “Kurikulum Berbasis Kompetensi Serta Akreditasi” di Best Western The Lagon, Senin (10/02/2020) pagi.

Rektor UNPI Manado, Dr Debby Ch Rende MSi mengharapkan kegiatan workshop dapat memberi ilmu kepada para dosen untuk dapat menyusun RPS model OBE. “Harapannya para dosen bisa semakin paham tentang konsep dan implementasi OBE untuk kemudian diterapkan dalam praktek pembelajarannya di UNPI Manado, khususnya Fakultas Teknik,” jelas Rektor. “Workshop tersebut bagian dalam rangka penandatanganan perjanjian kerjasama antara Fakultas Teknik Universitas Indonesia dan Fakultas Teknik UNPI Manado,” tambah Dekan Fakultas Teknik UNPI Manado, Ir James Munaiseche MSi.

Sementara itu, Manager Akademik Fakultas Teknik UI, Dr Eng Arief Udhiarto ST MT yang menjadi narasumber mengatakan bahwa OBE adalah sistem pembelajaran yang difokuskan agar peserta dapat mengerjakan sesuatu diakhir pengalaman belajarnya. Mengerjakan sesuatu disini contohnya bisa programming, bisa pasang jaringan, dan mengamankan jaringan.

Prinsip pelaksanaan OBE terdiri atas empat asas, yaitu fokus pada apa yang dibutuhkan peserta didik agar dapat melakukan pekerjaan tertentu dengan sukses (clarity of focus), merancang kurikulum dengan definisi yang jelas tentang pembelajaran yang harus dicapai peserta didik (design down). “Serta membangun standar kinerja yang tinggi dan menantang (high expectations) dan menerapkan teknik pengajaran yang beragam sesuai kebutuhan peserta didik (expanded opportunities),” terangnya.(bil)