oleh

Jagoan PDIP di Pilkada Manado, AA-RS Menguat

KOMENTAREN.NET – PDIP ingin memecahkan mitos untuk pertama kalinya merebut kursi top eksekutif di Kota Manado. Target menang dicanangkan Ketua DPD PDIP Sulut Olly Dondokambey. Namun sejauh ini, pasangan calon PDIP di Pilkada Manado 2020 belum diumumkan. Teranyar, pasangan yang menguat adalah Andrei Angouw berpasangan dengan Richard Sualang (AA-RS).  

“Hampir pasti AA dan RS pasangan yang akan diusung di Manado. Tapi jelasnya tunggu pengumuman resmi,” ungkap sumber di PDIP. Duet AA-RS disebut-sebut pasangan politisi yang telah matang.

AA dan RS malah sudah beberapa kali terpilih sebagai anggota DPRD. Dan kini keduanya merupakan penyumbang suara terbanyak untuk PDIP dari dapil Manado di Pemilu 2019 lalu. AA kini menjabat Ketua DPRD Sulut.

Calon tandemnya di Pilkada Manado, Richard ‘Icad’ Sualang (RS) juga teruji, dan mampu menjabat dua periode Anggota DPRD Manado, dan kini di DPRD Sulut. Bahkan pada periode 2014 lalu, RS menjabat Wakil Ketua DPRD Manado.

Sebagai catatan pada Pileg 2019, RS masuk tiga besar peraih suara terbanyak di dapil Manado untuk DPRD Sulut dengan perolehan 16.749 suara. Sedangkan Andrei Angouw yang kerap diinisial dengan AA meraup suara terbanyak dengan 33.155 voters.

Di Pilkada Manado 2020, Andrei Angouw sudah dipastikan sebagai papan 1 dari PDIP. Bursa calon wakil AA sempat beredar sejumlah nama. Namun belakangan Richard Sualang mengemuka dan memiliki kans kuat untuk ditandem dengan AA.

Jika AA dan RS bersanding, maka mereka akan menjadi rival kuat pasangan JPAR-Ai dan duet Mor-HJP. (vil/*)