oleh

Jadi Tuan Rumah Olimpiade, Indonesia bakal Persiapkan Fasilitas Kelas Dunia

KETUA Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari mengatakan, untuk mempersiapkan prestasi atlet saat Indonesia menjadi tuan rumah olimpiade 2032, pihaknya akan membangun fasilitas latihan kelas dunia.

Menurut Okto, saat ini KOI sudah mengincar beberapa lokasi di Jakarta yang bakal dibangun sebagai fasilitas latihan tersebut. Ia pun akan segera berkoordinasi dengan pemerintah.

“Kami akan koordinasi dengan pemerintah untuk pembangunan fasilitas latihan kelas dunia ini,” kata Okto dalam keterangan resmi.

Keinginan membangun fasilitas latihan kelas dunia itu, lanjut Okto, didasari oleh survei yang telah dilakukannya ke beberapa negara yang sering meraih prestasi gemilang di ajang Olimpiade seperti China, Jepang, Korea Selatan Prancis, Belanda dan Australia.

“Hasil dari adanya fasilitas latihan itu cukup signifikan buat prestasi atlet. Sebab itu kita juga harus punya dan kami akan wujudkan itu,” tuturnya dilansir tempo.co.

Soal dana, menurutnya, itu akan dilakukan melalui beberapa skema, baik oleh swasta, pemerintah atau PPP (private public partnership).

“Dalam waktu dekat proses untuk fasilitas latihan ini akan segera dimulai. Kita harus bergerak mulai dari sekarang. Dan saya harus memastikan fasilitas latihan kelas dunia ini nantinya harus bebas dari banjir karena program latihan atlet tidak boleh terganggu sama masalah banjir,” kata dia.

Selain itu, KOI juga bakal meningkatkan intensitas komunikasi dengan Komite Olimpiade Internasional (IOC) untuk memuluskan proses bidding menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

Dia juga akan segera menemui Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dan Presiden Joko Widodo membahas terkait pembentukan komite khusus persiapan bidding Olimpiade 2032. (tco)