oleh

Ini Surat Edaran Dikda Sulut Terkait Penanganan Covid-19

KOMENTAREN.NET – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melalui Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) akhirnya meniadakan ujian nasional (UN) 2020 dengan pertimbangan virus corona COVID-19. Dikda Sulut juga merubah tata cara ujian sekolah dari para siswa.

Kebijakan tersebut dituangkannya dalam surat edaran (SE) nomor:420/DIKDA-01/644/2020 yang diteken tanggal 26 Maret 2020. Aturan ini berisi tentang ketentuan UN, ujian sekolah (US), penentuan kelulusan siswa, sena Ujian Akhir Semester untuk Kenaikan Kelas SMA/SMK/SLB dan Ujian Paket Kesetaraan, Ketentuan terkait kegiatan belajar mengajar, Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) serta Kegiatan pelayanan administrasi dan non administrasi.

Dalam surat edaran ini Dikda Sulut melarang adanya ujian sekolah yang bersifat mengumpulkan siswa. Ini sebagai bentuk social distancing agar tidak ada penularan virus corona kepada siswa.

Sebagai gantinya, sekolah diperbolehkan menggunakan nilai rapor sebelum dan prestasi siswa sebagai pengganti ujian sekolah. Bisa juga mengganti ujian sekolah tatap muka dengan ujian online atau penugasan lainnya.

Berikut isi surat edaran Kadis Dikda Sulut, dr Liesje GL Punuh MKes menindaklanjuti surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 4 Tahun 2020 tanggal 24 Maret 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19), dan memperhatikan surat Keputusan Gubernur Sulawesi Utara Nomor 97 Tahun 2020 tanggal 16 Maret 2020 tentang Penetapan Status Siaga Darurat Penanganan Bencana Non Alam Virus Corona(COVID-19) Provinsi Sulawesi Utara:

(bil)